banner 468x60

ARIYA KONSULTAN, TAHAPAN PENELITIAN YANG WAJIB KITA KETAHUI

 Nasional
banner 468x60
ARIYA KONSULTAN, TAHAPAN PENELITIAN YANG WAJIB KITA KETAHUI

 

 

Akademisi Wajib Ketahui Tahapan Penelitian Ini

Penelitian kualitatif yang banyak digunakan oleh para akademisi ini ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Penelitian kualitatif meletakkan proses sebagai objek penelitian sehingga penting bagi para akademisi atau peneliti untuk mengikuti setiap langkah dari penelitian ini. Sehingga dapat mendapatkan kesimpulan yang sesuai.

Untuk para peneliti pemula, seringkali tidak mengetahui tahapan-tahapan penelitian kualitatif. Mengakibatkan peneliti mengulang di tengah jalan, atau merombak total penelitian.

Inilah tahapan-tahapan penelitian kualitatif yang harus diketahui.

  1. Menyusun Rancangan Penelitian

    Yang harus disadari pertama kali sebelum penelitian dilakukan adalah, menentukan permasalahan apa yang akan dibahas. Permasalahan bisa ditemukan dari kultur, kebiasaan, budaya, hingga beberapa kegiatan yang bisa diamati langsung.

    Setelah itu, susunlah berbagai pertanyaan dan yang mewakili perasaanmu terhadap permasalahan yang ada. Dalam tahapan awal penelitian ini, kamu akan menulis latar belakang dari masalahmu.

  2. Menentukan Lokasi dan Subjek Penelitian

    Setelah menemukan pertanyaan dan masalah yang akan kamu bahas, kamu bisa menentukan lokasi dan subjek penelitian. Hal ini penting karena kamu akan meneliti sebuah masalah dimana kamu perlu mengetahui secara jelas subjek dan lokasi penelitian.

    Dengan begitu, penelitianmu tidak akan membingungkan dan bisa segera selesai tepat waktu. Penentuan lokasi dan subjek penelitian juga akan menentukan metode apa yang cocok untuk pengumpulan data.

  3. Mengumpulkan Data dan Analisis Data

    Setelah selesai dengan tahapan persiapan, kamu akan melakukan tahapan penelitiannya. Pengumpulan data bisa dilakukan dengan dengan lokasi penelitian yang sudah ditentukan sebelumnya. Baru setelahnya dilanjutkan dengan pengolahan data serta analisanya.

    Proses ini merupakan proses yang sangat krusial karena akan menentukan kesimpulan dari penelitian. Kamu bisa mengumpulkan data dan menganalisisnya secara berbarengan. Sehingga, jika terjadi kesalahan,  kamu dapat mengumpulkan data yang kamu inginkan.

  4. Penyajian Data

    Tidak seperti penelitian kuantitatif, penyajian data penelitian kualitatif tidak membutuhkan angka-angka yang banyak. Kamu hanya perlu menjelaskan atau bisa dibilang bahwa penyajian data kualitatif berupa narasi. Pada tahap  ini, kamu akan menyajikan atau mempresentasikan data yang kamu telah dapat dari lapangan.

    Penyajian data yang bagus akan memudahkan mu dalam menyelesaikan penelitian.

  5. Penarikan Kesimpulan

    Setelah melakukan berbagai tahapan sebelumnya, hingga dapat menyajikan dan mempresentasikan data yang telah didapat, maka sudah saatnya kamu menarik kesimpulan. Penarikan kesimpulan dapat berarti bahwa penelitianmu sesuai dengan hipotesis awal. Atau bisa juga tidak sesuai dengan hipotesis awal.

    Kamu juga bisa mengembangkan penelitiannya dan melahirkan teori baru. Semuanya tergantung dari berapa banyak waktu yang kamu butuhkan dalam penelitian yang telah kamu lakukan.

Itulah tahapan-tahapan metode kualitatif yang perlu kamu ketahui. Dalam setiap tahapannya, perlu usaha lebih agar penderitaanmu dapat selesai tepat waktu dan berjalan dengan lancar.

Pastikan kamu mempunyai sumber daya lebih dan bantuan akademisi profesional lainnya, seperti dosen pembimbing agar penelitiannya dapat berlangsung dengan lancar.

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan