banner 468x60

BAGAIMANA MENJADI DOSEN YANG PRODUKTIF DALAM MENULIS, BERIKUT JAWABANNYA.

 Uncategorized
banner 468x60
BAGAIMANA MENJADI DOSEN YANG PRODUKTIF DALAM MENULIS, BERIKUT JAWABANNYA.

 

Dosen berperan penting dalam dunia pendidikan. Kalau dosennya berkualitas, maka bisa memberikan pengajaran secara berkualitas juga. Salah satu cara meningkatkan kualitas dosen adalah dengan menulis. Nah, apa kiat dosen menulis buku dengan produktif?

 

  1. Terus Memotivasi Diri

 

Motivasi merupakan salah satu kunci sukses dosen agar produktif dalam menulis. Kemampuan ini dijamin bisa meningkatkan karir dosen. Karena menjadi syarat penting agar bisa meraih kenaikan jabatan akademik.

 

Oleh karena itu, selalu belajar meningkatkan kapasitas dalam menulis harus senantiasa dilakukan. Anda bisa mengikuti kelas menulis dari pakarnya langsung. Dengan begitu, bisa mendapatkan pemahaman yang mendalam terkait kiat menulis yang benar.

 

Selanjutnya adalah mempraktekkan segala ilmu menulis yang sudah diperoleh. Dengan cara menyerahkan tulisan kepada penerbit. Sehingga bisa diterbitkan karyanya dan bisa dinikmati masyarakat secara luas.

 

Jika sudah banyak menelurkan karya berupa buku, dan banyak orang yang merasakan manfaatnya, sudah pasti akan sejalan dengan penghasilan yang bisa didapatkan. Karena itu, jangan ragu untuk mulai menerbitkan buku. Buku yang laris manis di pasaran, sudah pasti akan menjadi pundi rupiah bagi penulisnya.

 

  1. Jadilah Seorang Pakar

 

Maksudnya adalah sebagai seorang dosen harus terus memperdalam keilmuannya. Dengan terus mengkaji teoritis, implementasi dan perkembangan terkini. Cara ini akan mengantarkan seorang dosen yang tidak hanya mampu mengajar, tetapi benar-benar pakar di bidang tersebut.

 

Seorang dosen juga sangat disarankan untuk giat dalam berburu informasi terkait dengan pembukaan riset ilmiah. Baik yang ditawarkan oleh institusi dalam negeri maupun luar negeri. Karena berbagai riset yang dilakukan, nantinya bisa dituangkan dalam sebuah buku. Seperti buku monograf atau buku referensi.

 

Anda juga bisa mencari berbagai jurnal yang bisa membuka peluang call for paper. Untuk itu, buatlah publikasi atau draft riset di setiap semester. Dengan demikian, ketika datang berbagai peluang seperti di atas, Anda bisa segera mengambil kesempatan tersebut.

 

  1. Perluas Relasi atau Kolega

 

Seorang dosen yang ingin selalu produktif dalam penelitian dan menulis harus memiliki jaringan relasi yang luas. Tentunya yang memiliki minat dan ketertarikan di bidang yang sama, sehingga bisa diajak untuk berkolaborasi.

 

Caranya dengan menjadi anggota berbagai grup atau komunitas dosen yang bidang keilmuannya serumpun.

 

  1. Bekerjasama dengan Penerbit Terpercaya

 

Kiat penting lainnya adalah dengan menjalin kerjasama dengan penerbit profesional dan terpercaya. Anda akan dibantu dalam proses penulisan, editing, pencetakan hingga promosi penjualan bukunya. Dengan begitu, tidak hanya bisa membantu menerbitkan sebuah karya saja, tetapi juga meningkatkan penghasilan penulis atau dosen.

 

Saat ini sangat banyak bermunculan jasa penerbitan. Sayangnya, tidak semuanya bisa diandalkan. Karena itu harus sangat selektif dalam pemilihannya. Kenali legalitas, kinerja dan kredibilitasnya, agar memastikan penerbit yang diajak kerjasama benar-benar sesuai harapan.

 

Produktif dalam menulis buku merupakan tugas wajib dan komitmen seorang dosen. Oleh karena sebagai wujud dari kepakaran dosen. Selain itu, bisa berfungsi sebagai tantangan seorang pengajar agar selalu semangat dalam mengembangkan keilmuannya.

 

Demikian beberapa kiat dosen menulis buku, agar tetap produktif di sela kesibukannya mengajar. Setiap dosen bisa menjadi penulis handal. Dengan catatan selalu berkomitmen, selalu meningkatkan keilmuan dan pantang menyerah.

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan