banner 468x60

Selain Keren, Nulis Buku juga ada Kum nya……, Simak Ulasan Berikut ini.

 Regional
banner 468x60
Selain Keren, Nulis Buku juga ada Kum nya……, Simak Ulasan Berikut ini.

 

Perlu kita ketahui buku yang memuat hasil penelitian atau pemikiran memiliki nilai Kumulatif atau nilai KUM yang tinggi.

Yaitu dalam mengembangkan Bahan Pengajaran/Kuliah, yang diantaranya adalah: buku ajar atau buku teks 1 buku/ tahun, dan diktat atau modul 1 diktat/ semester. Lantas apa saja kriteria dan ragam buku yang peroleh nilai KUM? Simak ulasan dibawah ini.

Buku Ajar

Buku Ajar, ditulis dan disusun oleh pakar bidang terkait dan memenuhi syarat atau kaidah buku teks dan diterbitka secara resmi dan disebarluaskan.

Diktat

Diktat, ditulis oleh pengajar mata kuliah bersangkutan, mengikuti kaidah tulisan ilmiah dan disebarluaskan kepada peserta kuliah.

Petunjuk Praktikum

Petunjuk paktikum, ditulis dan disusun oleh kelompok dosen yang menangani praktikum bersangkutan dan mengikuti kaidah tulisan ilmiah.

Buku Referensi

Buku Referensi, suatu tulisan dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya pada satu bidang ilmu. isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat suatu karya ilmiah yang utuh, yaitu adanya rumusan masalah yang mengandung nilai kebaruan, metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, serta ada kesimpulan dan daftar pustaka. Nilainya 40 ak.

Buku Monograf

Buku Monograf, suatu tulisan dalam bentuk buku yang subtansi pembahasannya hanya pada satu hal saja dalam bidang ilmu.

Isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat suatu karya ilmiah yang utuh, yaitu adanya rumusan masalah yang mengandung nilai kebaruan, metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, serta ada kesimpulan dan daftar pustaka.

Monograf atau buku referensi yang diambil dari disertasi atau tesis tidak dapat dinilai untuk usul kenaikan jabatan/pangkat.

Buku Chapter(Bunga Rampai)

Buku Chapter, hasil penelitian atau hasil pemikiran dalam buku yang dipublikasikan dan berisi berbagai tulisan dari berbagai penulis. Internasional 15 ak. Nasional 10 ak.

Berikut Kriteria Buku yang Memuat Hasil Penelitian atau Hasil Pemikiran:

Isi buku sesuai dengan bidang keilmuan penulis dan merupakan hasil penelitian atau pemikiran yang original. Kriteria ini membedakan antara buku referensi/ monograf dengan buku ajar. Memiliki ISBN, tebal paling sedikit 40 halaman cetak (menurut format UNESCO). Ukuran: minimal 15,5 cm x 23 cm. Diterbitkan oleh Badan Ilmiah/Organisasi/Perguruan Tinggi. Isi tidak menyimpang dari falsafah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan