banner 468x60

Menunggu Debat Pamungkas Pilkada Klaten, 2 Desember 2020.

 Regional
banner 468x60
Menunggu Debat Pamungkas Pilkada Klaten, 2 Desember 2020.

Pilkada serentak tinggal menunggu hari, masyarakat pemilih akan disuguhi acara debat antar kontestan. Masyarakat menunggu hajatan pilkada serentak Kabupaten Klaten tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Acara debat ini mendapat perhatian serius dari berbagai media dan masyarakat pemilih pada umumnya, debat putaran ke II atau pamungkas kali ini masih tetap di siarkan Live melalui TVRI Yogyakarta dan Cannel Youtube KPU Klaten, yakni tanggal 2 Desember 2020.

”Debat” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Di acara ini kontestan pilkada saling memberikan wacana kepemimpinannya ke depan, adu visi dan misi, serta adu cerdas dalam menyikapi persoalan.

Rangkaian dari ritual dan instrumen penting pra-pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang adalah debat antar kontestan pilkada. Komunikasi antara rakyat dan calon pemimpin yang akan berkuasa hingga 2024 diharapkan bisa terjalin dengan kegiatan ini, demokrasi akan makin matang jika rakyat memilih calon pemimpin secara rasional, bukan emosional, apalagi hanya ikut-ikutan. Debat terbuka menjadi sebuah solusi yang tepat untuk mengukur sejauh mana kapasitas para paslon yang bertarung.

Dari debat terbuka ini para kontestan dapat menyampaikan visi-misi dan yang terpenting dapat dijadikan kesempatan membangun kontrak sosial dengan masyarakat. Aturan debat diatur sedemikian matang. Tema debat telah ditentukan jauh hari. Pemilihan moderator, durasi, tempat, dan rundown acara diatur dengan mataang oleh pihak pelaksanaan debat. Para kandidat telah siap dengan konsep kerangka jawaban berdasarkan visi dan misi yang mereka jual kepada rakyat.

Penulis Eko Wiratno, Warga Klaten.

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan