banner 468x60

TRI WIDIASTUTI, MAHASISWA UNIVERSITAS BOYOLALI : PEMANFAATAN PEKARANGAN RUMAH UNTUK APOTEK HIDUP.

 Opini
banner 468x60
TRI WIDIASTUTI, MAHASISWA UNIVERSITAS BOYOLALI : PEMANFAATAN PEKARANGAN RUMAH UNTUK APOTEK HIDUP.

 

 

Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata apotek hidup? Pasti yang pertama terlintas yaitu tanaman-tanaman berkhasiat yang digunakan sebagai obat dan ditanam di pekarangan rumah.,Obat tradisional merupakan ramuan obat yang berasal dari tumbuh – tumbuhan yang berkhasiat (Parwata, 2016). Tanaman-tanaman tersebut nantinya bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

 

Bayangkan jika kita memiliki halaman rumah yang bisa dimanfaatkan dan ditanami berbagai jenis tanaman apotek hidup, tentu sangat bermanfaat sekali. Bukan hanya membuat halaman rumah tampak hijau, asri dan tenang namun tanaman tersebut bisa digunakan sewaktu-waktu untuk kesehatan, misalnya untuk mengobati batuk, menghangatkan tubuh dan lain lain.

 

Sayangnya, banyak masyarakat yang tidak tertarik menanam tanaman apotek hidup. Padahal, ada beberapa jenis tanaman yang cukup familiar serta bermanfaat seperti jahe, dapat menyembuhkan batuk dan rematik karena menghasilkan rasa hangat. Jahe juga kaya akan kandungan gingerol yang merupakan zat antiradang dan antioksidan, Kunyit, mengandung curcumin, yaitu antioksidan kuat yang bisa menetralisir radikal bebas. Lengkuas, selain sebagai bumbu dapur, lengkuas juga dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol karena kandungan antioksidan polifenolnya, Sereh, memiliki aroma khas seperti lemon, sereh biasanya dijadikan dijadikan bumbu dab dihirup aromanya. Mengkonsumsi teh sereh juga dipercaya mempu mengatasi kram menstruasi. Kencur, bersifat antimikroba yang dapat menghambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidopus yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

 

Apabila rumah anda tidak mempunyai lahan yang luas jangan menyerah, pot dan polybag adalah solusi yang bisa digunakan sebagai media tanam. Dengan memiliki apotek hidup, maka kita dapat hidup sehat dan menghemat pengeluaran untuk membeli obat ataupun bumbu dapur. Jadi, apakah anda tertarik untuk membuat apotek hidup sendiri dirumah?

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan