banner 468x60

Mulai Tahun 2025 Piala Dunia U17 di Gelar Tiap Tahun Bos EWRC Indonesia Ucapakan Rasa Syukur!

 Nasional
banner 468x60
Mulai Tahun 2025 Piala Dunia U17 di Gelar Tiap Tahun Bos EWRC Indonesia Ucapakan Rasa Syukur!

SURAKARTA(Jaringan Arwira Media Group)- FIFA memutuskan untuk mengubah Piala Dunia U-17 dari turnamen dwitahunan menjadi diselenggarakan setiap tahun mulai edisi ke-20 yang berlangsung pada 2025. Langkah itu dilakukan untuk membuka kesempatan lebih banyak kepada pemain-pemain remaja di seluruh dunia mengenyam kompetisi internasional pada awal karier mereka.

Pascal Zuberbuehler, anggota Grup Studi Teknis (TSG) FIFA, menuturkan, Piala Dunia U-17 ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada pemain remaja di bawah 17 tahun tampil di turnamen tingkat dunia perdana. Menurut dia, pengalaman bermain di turnamen internasional pada usia belia membantu pemain untuk memiliki standar guna mengembangkan karier mereka pada masa depan.

FIFA menggelar Piala Dunia U-17 sejak 1985 di China. Dalam 19 edisi yang telah berjalan, Brasil dan Amerika Serikat adalah tim yang paling sering berpartisipasi pada 18 edisi. Adapun Indonesia sebagai satu-satunya tim debutan di Piala Dunia U-17 2023 adalah negara ke-86 yang ikut serta pada putaran final turnamen yunior FIFA itu.

Nigeria adalah tim yang paling banyak meraih gelar juara serta paling sering tampil di partai puncak. Nigeria telah meraih lima trofi dari delapan kesempatan menembus final. Mereka diikuti oleh Brasil dengan empat gelar juara, lalu Ghana dan Meksiko yang masing-masing telah dua kali membawa pulang medali emas.

Indonesia juga tidak ingin menyia-nyiakan peluang tampil rutin di Piala Dunia U-17 yang bakal diselenggarakan setiap tahun. Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan program untuk menyiapkan tim nasional yunior secara berjenjang.

”Kebijakan baru FIFA itu memacu kami untuk mempersiapkan tim U-14, U-17, dan U-20,” ucap Erick.

Terpisah Bos EWRC Indonesia Eko Wiratno mengaku bangga dan senang jika Piala Dunia U17 di adakan tiap tahun. “Saya bersyukur Piala Dunia U17 mulai Tahun 2025 akan digelar tiap tahun. Jadi kompetitif di usia remaja, ini hal yang bagus dan positif”, Ujar Eko Wiratno.(**)

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan