banner 468x60

uns

 Kampus
banner 468x60
No image found

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menduduki peringkat ketujuh Kampus Berkelanjutan Terbaik di Indonesia berdasar pemeringkatan UI GreenMetric 2020, Senin (7/12/2020) sore.

Plakat penghargaan Kampus Berkelanjutan Terbaik di Indonesia diterima oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho. Melalui Zoom Cloud Meeting, Prof. Jamal menyampaikan rasa terima kasihnya kepada UI GreenMetric yang selalu menempatkan UNS di peringkat 10 besar.

Alhamdulillah. Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas anugerah dan karunia yang kami terima hari ini sebagai perguruan tinggi yang berkelanjutan terbaik nomor 7 di Indonesia. Peringkat 7 ini telah kami emban selama 3 tahun berturut-turut,” ujar Prof. Jamal.

Ia mengatakan, UNS memiliki semangat dan komitmen yang kuat untuk mewujudkan diri sebagai perguruan tinggi yang bergerak dinamis dan maju dalam berkontribusi bagi pembangunan berkelanjutan.

Caranya, dengan mengutamakan tata kelola yang berkelanjutan, penerapan teknologi yang ramah lingkungan, serta melalui penerapan perilaku berkehidupan baik di kampus maupun di lingkungan masyarakat.

Di hadapan rektor dari berbagai perguruan tinggi, Prof. Jamal menitipkan pesan agar insan pendidikan berkomitmen untuk menjaga kelestarian bumi sebagai warisan kepada generasi penerus bangsa di masa depan.

“Suatu kebanggaan bagi Universitas Sebelas Maret bisa menjadi bagian dari sebuah gerakan nasional sekaligus internasional demi mewujudkan bumi yang lestari,” tutup Prof. Jamal.

Penetapan UNS sebagai peringkat ketujuh Kampus Berkelanjutan Terbaik di Indonesia UI GreenMetric 2020 telah melewati berbagai indikator penilaian. Berdasarkan keterangan resmi yang dirilis ui.ac.id, penilaian dilandasi atas tiga pilar, yaitu lingkungan hidup, ekonomi dan sosial.

“Bobot indikator penilaian terdiri atas keadaan dan infrastruktur kampus sebesar 15%, energi dan perubahan iklim sebesar 21%, pengelolaan sampah sebesar 18%, penggunaan air sebesar 10%, transportasi sebesar 18%, dan pendidikan dan riset sebesar 18%,” ujar Ketua UI GreenMetric 2020, Prof. Riri Fitri Sari.

Dalam kesempatan ini, Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Ari Kuncoro, juga mengatakan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia, telah berhasil menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hidup di lingkungan yang bersih, sehat dan lestari.

Ia menilai selama 10 bulan hidup di bawah bayang-bayang penyebaran Sars-Cov-2, perguruan tinggi semakin mampu untuk merefleksikan dan mendefinisikan ulang cara mengelola serta memikirkan dampak kegiatan kampus bagi lingkungan hidup, sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar, dan di Indonesia.

“Saya gembira banyak perguruan tinggi dunia maupun di Indonesia yang antusias berpartisipasi dalam pemeringkatan ini. Hal tersebut menunjukkan semakin banyak perguruan tinggi yang menjadikan aspek lingkungan hidup dan keberlanjutan secara lebih serius,” ucap Prof. Ari Kuncoro. Humas UNS

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan