banner 468x60

M.JULIANTO, MAHASISWA UNIVERSITAS BOYOLALI : TELUR ASIN RASA JAHE UNTUK MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH DIMASA PANDEMI COVID-19

 Kampus
banner 468x60
M.JULIANTO, MAHASISWA UNIVERSITAS BOYOLALI : TELUR ASIN RASA JAHE UNTUK MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH DIMASA PANDEMI COVID-19

 

ABSTRAK

Karangnongko adalah salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiwa KKN Universitas Boyolali yang dilaksanakan tanggal 21 februari-31 maret 2021, masyarakat Dukuh Trisik, Kelurahan Karangnongko sebagian besar adalah petani dan peternak. Di masa pandemi seperti sekarang ini cukup terdampak covid-19.

 

Dalam hal ini banyak warga yang kehilangan penghasilan akibat wabah tersebut. Dari masalah tersebut, potensi Kelurahan karangnongko perlu dikembangkan, mengingat mayoritas warga desa tersebut adalah petani dan peternak. Maka dari itu kami sebagai mahasiswa dan dibantu oleh masyarakat berupaya membuat inovasi baru dari hasil ternak masyarakaat desa yaitu telur asin.

 

Telur asin kali ini bukan telur asin seperti biasa nya yang dijual dipasar,kami berinovasi membuat telur asin rasa jahe untuk meningkatkan kekebalan tubuh disaat masa pandemi seperti sekarang ini. Bukan hanya untuk konsumsi sendiri, telur asin rasa jahe ini juga bisa dikembangkan sebagai peluang usaha untuk membantu perekonomian warga kusus nya Kelurahan Karangnongko untuk menambah penghasilan saat masa pandemi ini.

 

LATAR BELAKANG

Kelurahan Karangnongko adalah Kelurahan di Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Karangnongko yang bearada di salah satu kecamatan Mojosongo ini tidak jauh dengan poros jalan utama Solo-Semarang ini secara administrative memiliki jumlah penduduk 1449 jiwa, penduduknya Karangnongko mayoritas adalah petani dan peternak.

 

Melihat dari kondisi masyarakat tersebut, untuk mencegah adanya penyebaran Covid-19 atau upaya memutus mata rantai penularan Covid 19 bisa di lakukan dengan peningkatan imunitas tubuh (Anjarsari, 2010). Karena itu saya selaku peserta KKN membuat program kerja meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi telur asin  untuk menjaga kesehatan dimasa wabah Covid-19 yang di harapkan dapat mencegah penyebaran wabah Covid-19.

 

Menyebar nya virus corona di Kabupaten Boyolali membuat masyarakat khawatir akan tertular virus ini, cara pencegahan slah satu nya dengan menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan Menyebar nya virus corona di Kabupaten Boyolali membuat masyarakat khawatir akan tertular virus yang dapat menjaga daya tahan tubuh yaitu telur asinn dengan metode pembuatan bahan bahan nya di campur dengan parutan jahe.

 

Telur asin berasal dari telur bebek yang di mana telur asin ini memiliki manfaaat salah satunya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan baik untuk kesehatan tulang. Pada telur asin ini di buat dengan telur bebek di campur parutan jahe dan garam di waktu perendaman dengan air, di buat dengan campuran parutan jahe karena jahe mangandung minyak atsiri yang dapat menigkatkan nafsu makan, secara tidak langsung meningkatkan nafsu makan dapat menambah peningkatan daya tahan tubuh, dan kandungan ginggerol dalam jahe dapat menumpas sejumlah bakteri seperti shigela dan E-coli.

 

Kemampuan jahe dalam menangkal bakteri tersebut membuka kemungkinan bahwa jahe bisa menjadi penangkal Covid-19. KKN ini di tempatkan di desa domisili masing – masing untuk melakukan pengabdian pada masyarakat dengan studi lapangan dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang bersifat edukasi.

 

Selama Empat Puluh Hari di lapangan, mahasiswa memberikan pengalaman ilmu pengetahuan, teknologi, agama, untuk memberikan pengarahan agar dapat memecahkan masalah dan menanggulanginya secara tepat di masa wabah COVID- 19. Dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat kinerja yang harus diupayakan secara berkesinambungan, yaitu dengan menerapkan berbagai model dan corak pembangunan. Oleh karena itu, baik secara kelompok maupun individual, dalam KKN Mandiri Universitas Boyolali ini mengamati potensi yang dimiliki masyarakat sekitar. Pada pembuatan Program Kerja (Proker) disesuaikan dengan keadaan di lapangan dan keadaan masyarakat yang di jumpai.

 

METODE

Mitra dalam kegiatan ini adalah masyarakat Kelurahan Karangnongko, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Mereka merupakan warga sekitar yang kami arahkan untuk membuat olahan yang bernilai jual tinggi dan bisa untuk alternative meningkatkan kekebalan tubuh dimasa pandemi ini.

 

Dalam hal ini saya melakukan pendekatan kepada masyarakat. Metode yang saya gunakan adalah metode Community Development. Metode ini adalah pendekatan yang berorientasi kepada upaya-upaya pengembangan pemberdayaan masyarakat dengan menjadikan masyarakat sebagai subjek dan sekaligus objek pembangunan dan meliatkan mereka secara langsung dalam berbagai kegiataan pengbdian masyarakat sebagai upaya meningkatkan peran serta mereka dalam pembangunan demi kepentingan mereka sendiri dan juga kepentingan bersama. Tahapan dalam kegiatan KKN dilakukan dengan (1) Identivikasi kebutuhan masyarakat, (2) perancangan, (3) Pembuatan, (4) Pendampingan operasional.

Penyuluhan bersamaa warga tentang pembuatan telur asin rasa jahe.

 

DISKUSI

Telur asin berasal dari telur bebek yang di mana telur asin ini memiliki manfaaat salah satunya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan baik untuk kesehatan tulang. Pada telur asin ini di buat dengan telur bebek di campur parutan jahe dan garam di waktu perendaman dengan air, di buat dengan campuran parutan jahe karena jahe mangandung minyak atsiri yang dapat menigkatkan nafsu makan, secara tidak langsung meningkatkan nafsu makan dapat menambah peningkatan daya tahan tubuh, dan kandungan ginggerol dalam jahe dapat menumpas sejumlah bakteri seperti shigela dan E-coli. Kemampuan jahe dalam menangkal bakteri tersebut membuka kemungkinan, bahwa jahe bisa menjadi penangkal Covid-19.

 

KESIMPULAN DAN PEMBELAJARAN

Kegiatan KKN di Kelurahan Karangnongko ini telah berhasil dilaksanakan dan terbukti memeberikan jalan keluar bagi warga desa untuk berinovasi dan meningkatkan perekonomian warga ditengah wabah covid-19 seperti sekarang ini.

 

Kesimpulan dari kegiatan ini adalah pendekatan Community development sangat cocok digunakan dalam KKN ini, terbukti antusias warga sekitar dalam mengikuti program kerja yang kami buat. Kegiatan KKN ini juga tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari pemerintah setempat,baik dukungan prasarana maupun dukungan moral. Sampai dengan kegiatan KKN ini berahir. Inovasi produk telur asin ini dalam pemasaran nya masih mencakup sekitaran desa itu saja, karna produk ini masih dalaam tahap uji coba dalam masa pandemic ini. Kegiatan praktek seperti ini secara langsung dapat membangkitkan jiwa kewirausahaan masyarakat dan membangkitkan semangat warga untuk berinovasi.

 

UCAPAN TERIMAKASIH

Penulis mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kelurahan Karangnongko dan warga desa tersebut atas izin nya melakukan kegiatan KKN tahun 2021 dari awal sampai akhir. Dan ucapan terimakasih buat dosen pembimbing kegiatan KKN ini.

 

 

ACUAN PUSTAKA

http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/

20200331/5133667/cara-cegah-penularan-covid-19-masyarakat/

Diakses Tanggal 20 Juli 2020

Http://Www.Antimicrobialtestlaboratories.Com/

Information_About_Handsa Nitizers.Html

DiaksesTanggal 20 Juli 2020

https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/

COVID-19/TENTANG%20NOVEL%20CORONAVIRUS.pdf

Diakses Tanggal 20 Juli 2020

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan