Jumat, 23 April 2021

banner 468x60

Kata Pengantar : Pengertian, Unsur, Cara Membuat dan Contoh Lengkap [Sumber https://penerbitdeepublish.com/kata-pengantar-buku]

 Kampus
banner 468x60
Kata Pengantar : Pengertian, Unsur, Cara Membuat dan Contoh Lengkap [Sumber https://penerbitdeepublish.com/kata-pengantar-buku]

Kata Pengantar: Pengertian, Unsur, Cara Membuat dan Contoh Lengkap!

Kata pengantar selalu ditulis pada bagian awal dalam buku atau jenis tulisan lainnya. Penulisan kata pengantar sangatlah penting karena kata pengantar terletak di bagian depan dan merupakan bagian yang pertama kali dilihat saat membaca tulisan Anda. 

Biasanya kata pengantar terdapat di buku fiksi, non fiksi,buku ajar, hingga karya tulis ilmiah.  Pada jenis karya tulis berupa makalah, skripsi, proposal, dan laporan dibutuh kan kata pengantar agar pembaca dapat mengerti bahasan atau pokok permasalahan karya tulis tersebut. 

Agar lebih mudah memahami tentang kata pengantar, kami akan mengulasnya secara lengkap. Mulai dari pengertian, jenis, panduan membuat, hingga contoh kata pengantar. Selamat membaca!

Daftar Isi

Apa itu kata pengantar? 

Menurut KBBI, kata pengantar adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Kata pengantar ditulis di bagian halaman awal sebuah karya tulis. Tujuan dari pembuatan kata pengantar adalah agar pembaca mengetahui bahwa dalam menyelesaikan karya tersebut, penulis telah melalui banyak hal dan dibantu oleh beberapa pihak dalam penyusunan karya tulis tersebut.

Nah, pertanyaan selanjutnya, mengapa kata pengantar itu penting?

Sebenarnya, pengantar menjadi prolog awalan sebelum masuk ke inti. Dibagian depan, selain kata pengantar ada juga lembar pendahuluan. Nah, dua hal ini seringkali membingungkan. Banyak pula yang masih pemula tidak bisa membedakan diantara keduanya. 

Kata pengantar secara konten isi, berisi pengantar buku yang akan dibahas mengulas apa saja. Disertai dengan ucapan terimakasih penulis kepada orang yang mendukung. Inti kata pengantar adalah memperkenalkan secara singkat, tetapi bukan dari synopsis loh. sedangkan pendahuluan lebih menekankan pada latar belakang buku ajar tersebut Anda tulis dan kenapa Anda mengambil tema tersebut.

Perbedaan Kata Pengantar dan Prakata

Jika kita cermati lebih lanjut lagi, dalam penulisan karya tulis ilmiah terdapat prakata yang sering disamakan dengan kata pengantar. Padahal kedua bagian tersebut berbeda. 

Sebelum mengenal berbagai contoh kata pengantar, ada baiknya kamu mengetahui perbedaan antara kata pengantar dan prakata. Sebab, banyak orang yang masih bingung dan keliru mengenai dua hal ini.

Kata pengantar dan prakata biasa dijumpai pada bagian awal sebuah penulisan seperti dalam buku, skripsi, makalah, dan karya tulis. Perbedaan antara keduanya adalah pada siapa yang menuliskannya.

Kata pengantar atau foreword dibuat atau ditulis oleh orang lain selain penulis, bisa kerabat, pakar, pejabat, atau orang lain yang mewakili penulis. Kata pengantar berisi apresiasi terhadap tulisan dan  penulis. Kata pengantar juga berisi ucapan terima kasih kepada penulis.

Sementara, prakata atau preface ditulis oleh penulis itu sendiri sebagai halaman pembuka dalam sebuah tulisan.

Prakata berisi penjelasan singkat mengapa penulis membuat suatu karya dan untuk siapa karya tersebut ditujukan.

Berbeda dari kata pengantar, prakata berisi ucapan terima kasih penulis kepada orang lain yang mendukung penulis pada proses pembuatan karya.

Unsur-Unsur Kata Pengantar

Kata pengantar terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pembuka, isi, dan penutup. Bagian pembuka berada pada paragraf pertama hingga kedua kata pengantar. Pada bagian ini berisikan ucapan rasa syukur penulis atas selesainya karya yang ditulis.

Pada bagian isi berisikan sedikit gambaran mengenai isi dari makalah tersebut. Penulis akan menyebutkan judul karya tulis. Penulis juga biasanya akan menyebutkan nama-nama orang yang berkontribusi dalam penyelesaian karya tulis.

Sementara bagian penutup berisikan permohonan maaf dan harapan penulis atau dari makalah atau laporan yang telah dibuat. Permohonan maaf itu biasanya lebih ditujukan bila di kemudian hari ditemukan kesalahan dari tulisan tersebut.

Selain itu di dalam kata pengantar juga terdapat unsur-unsur yang mesti ada di dalamnya. Berikut adalah unsur-unsur kata pengantar yang dapat kita terapkan:

1. Berisi ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Cara membuat kata pengantar pertama yang baik adalah dengan ungkapan kata rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa pada paragraf pertama.

Contoh Kalimat:

”Alhamdulillah Puji syukur penulis panjatkan dengan menyebut Asma Allah yang Maha Besar & Maha Penyayang, penulis bersyukur dengan Bimbingan Karunia & Rahmat Nya, penulis berhasil dalam menyusun karya tulis ini dengan judul (…..) “.

2. Penjelasan mengenai tujuan pembuatan penulisan suatu karya ilmiah.

Kedua yaitu sampaikan atau uraikan maksud tujuan penulis dalam membuat suatu karya tulis di dalam paragraf kedua.

Contoh Kalimat :

”Tujuan penulis membuat makalah ini semata-mata, untuk memenuhi suatu kewajiban sebagai syarat dalam menyelesaikan tugas mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ”

3. Penjelasan tentang pelaksanaan penulisan suatu karya tulis

Ketiga penulis harus menerangkan berapa lamanya waktu, dalam pembuatan suatu karya tulis pada paragraf ketiga.

Contoh Kalimat :

”Alhamdulillah makalah ini penulis dapat menyelesaikannya dalam waktu yang tidak lama ”

4. Penjelasan adanya bantuan bimbingan dari pihak-pihak pada suatu karya tulis

Keempat penulis harus menjelaskan & menerangkan adanya suatu dukungan atau bimbingan dari pihak-pihak tertentu dalam penulisan sebuah karya tulis, pada paragraf ke empat.

Contoh Kalimat :

”Dalam penyusunan Skripsi ini, penulis mendapatkan bimbingan dari Dosen Bapak Sutarto”

5. Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu yang membantu pembuatan suatu karya tulis

Kelima penulis harus menulis ungkapan rasa terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelesaian suatu karya tulis, pada paragraf ke empat (disertai dengan penjelasan adanya bimbingan dalam pembuatan sebuah karya tulis).

Contoh Kalimat :

”Dengan selesainya pada penulisan makalah ini, penulis sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, telah berkenan membantu dalam proses penyusunan hingga makalah ini berhasil diselesaikan ”

6. Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun & nama lengkap penulis

Keenam dalam membuat karya tulis, Penulis harus menyebutkan nama kota, tanggal, bulan, tahun atau nama lengkap penulis, pada paragraf terakhir.

Contoh Kalimat :

”Yogyakarta, 27 Januari 2021, Novia Intan”

7. Penjelasan tentang harapan penulis atas selesainya sebuah karya tulis 

Ketujuh dalam sebuah karya tulis, penulis harus menyampaikan suatu harapan pada karya tulisnya tersebut, pada paragraf ketujuh.

Contoh Kalimat :

”Dengan selesainya Novel ini, penulis berharap agar Novel ini bisa menjadi suatu pelajaran bagi kita semua dalam bersikap baik kepada semua makhluk hidup ”

8. Ketersediaan menerima kritik & saran pada karya tulis

Kedelapan dalam sebuah karya tulis, penulis harus bersedia dalam menerima kritik dan juga saran dari para pembaca, pada paragraf kedelapan.

Contoh Kalimat :

”Penulis menyadari bahwa makalah yang telah disusun ini, masih mempunyai banyak kekurangan, baik dalam gaya bahasa ataupun teknik penulisan. Oleh karena itu, penulis sangat senang agar para pembaca mau memberikan kritik & saran, agar karya tulis ini dapat diperbaiki dengan sempurna”

9. Kata penutup pada karya tulis

Di Akhir penulisan suatu karya tulis, terdapat kalimat yang digunakan sebagai kata penutup.

Contoh kalimat:

”Penulis berharap semoga novel ini bisa mengajarkan kita agar peduli terhadap sesama makhluk hidup”

Cara Membuat Kata Pengantar

Setelah melihat contoh kata pengantar yang ada di atas, tidaklah Anda sudah memahami poin-poin pentingnya? Jika Anda ingin menulis kata pengantar seperti contoh di atas, dengan senang hati kami akan membagikan panduan mudah menulis kata pengantar. Simak baik-baik!

1. Menyebutkan Keistimewaan Buku Anda 

Seperti yang disinggung di paragraf sebelumnya, tips menulis kata pengantar modul menonjolkan selling point. Dalam hal ini adalah keistimewaan modul Anda. Misalnya dilengkapi dengan tutorial, pemahaman mudah dipahami dan masih banyak hal yang sebenarnya bisa Anda tonjolkan. 

Tentu saja ketika modul yang Anda tulis memiliki banyak keistimewaan, pembaca pun akan memilih modul Anda dibandingkan modul-modul yang lain. Dengan kata lain, bagian akhir tetap seperti dagang, karena tetap harus bisa menarik perhatian calon pembaca. 

Saat menuliskan keistimewaan modul Anda di kata pengantar, ada beberapa tips nih. Jadi tempatkan Anda sebagai penulis itu serba tahu, karena memang itu modul karya Anda bukan? Jadi, buatlah kalimat yang sesuai karakter Anda agar pembaca pun bisa lepas dalam membaca.  

2. Buat Kalimat Pembuka 

Nah, tips kedua dalam penulisan kata pengantar modul memiliki tiga bagian yang terdiri dari bagian kalimat pembuka, kalimat inti (isi) dan kalimat penutup.

Dibagian kalimat pembuka salah satu langkah yang wajib dituliskan. Jika bingung bagaimana cara menuangkan kalimat pembuka, kita bisa menggunakan salah satu kalimat pembuka. 

Misalnya, bisa menggunakan kalimat ucapan syukur, bisa menjelaskan dengan kalimat salam kesejahteraan dan masih banyak lagi yang bisa kita spoiler di google bentuk-bentuk kalimat pembuka.

Nah, banyak kasus di penulisan kalimat pembuka banyak ditemukan kasus pengulangan kata atau repetisi. Jadi penulisan dan pengulangan-pengulangan semacam itu lebih baik diminimalisir. 

3. Buat Kalimat Isi 

Setelah menuliskan kalimat pembuka di kata pengantar modul, maka langkah selanjutnya adalah menuliskan inti dari pesan yang ingin disampaikan. Misalnya dengan menceritakan tentang selling point dan kelebihan dari modul Anda yang sudah disebutkan di sub bab sebelumnya. 

Intinya kalimat isi inilah adalah ruang dimana Anda menuliskan pesan inti yang ingin dipaparkan dari pembahasan modul Anda. Ada satu hal yang kadang terlupakan ketika menuliskan kata pengantar modul. Yaitu, perhatikan panjang kata pengantar. Jadi penulisan kata pengantar jangan lebih dari dua halaman. 

Penulisan kata pengantar cukup satu muka atau satu lembar saja. Karena keterbatasan lembaran, maka dari segi penyampaiannya pun juga harus dipadatkan. Jangan terlalu panjang lebar. Cukup ditulis singkat, padat, jelas, tetapi juga menggunakan bahasa yang mengalir, enak dibaca dan persuasive. 

Jika memang dibagian isi memang banyak pesan yang ingin disampaikan. Maka di bagian isi dan bagian penutup cukup ditulis dengan singkat padat dan seperlunya. Agar dalam penulisan inti bisa lebih banyak. 

4. Buat Kalimat Penutup 

Penulisan kata pengantar modul dibagian kalimat penutup cukup ditulis seperlunya. Tidak perlu ditulis terlalu panjang lebar. Begitupun dibagian kalimat pembuka.

Pada dasarnya, pembaca tidak begitu suka intro yang bertele-tele. Rerata pembaca ingin membaca buku tersebut karena ingin mempelajari inti pembahasan. Jadi bukan ingin membaca susunan kalimat pembuka dan kalimat penutupnya. 

Contoh Kata Pengantar

Anda bisa melihat contoh kata pengantar dari beragam jenis tulisan. Berikut ini adalah contoh kata pengantar untuk berbagai jenis tulisan yang dirangkum dari berbagai macam sumber. 

1. Contoh Kata Pengantar dari Laporan Penelitian

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat melaksanakan kegiatan PPL 2014 di SMK N 2 Pengasih dengan baik dan lancar serta dapat menyelesaikan penyusunan laporan PPL ini sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Penyusunan laporan ini merupakan tahap akhir dari seluruh rangkaian kegiatan PPL yang dilaksanakan dari tanggal 11 Agustus s.d. 11 September 2015. Laporan ini disusun berdasarkan data hasil observasi, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), yang telah dilaksanakan guna memenuhi sebagian tugas kegiatan PPL.

Penulisan laporan PPL ini tentunya tidak lepas dari bantuan dan kerjasama berbagai pihak yang ikut mendukung dan mensukseskan program-program PPL yang telah direncanakan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada:

1. Prof. Dr. Rochmat Wahab, selaku rektor Universitas Negeri Yogyakarta.
2. Dr. Much. Bruri Triyono, selaku Dekan Fakultas Teknik UNY yang telah memberikan ijin untuk melaksanakan PPL.
3. Drs. Suparman, M.Pd, selaku Dosen Pembimbing PPL Jurusan yang telah bersedia memberikan bimbingan dan motivasi selama pelaksanaan PPL di SMK N 2 Pengasih.
Dan segala pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu. 

Yogyakarta, 23 Januari 2016

2. Contoh Dari Kata Pengantar Laporan Skripsi

Puji syukur kepada Tuhan dan terima kasih kepada penulis untuk berdoa untuk kehadiran Tuhan Yang Maha Esa yang memberikan rahmat dan kompromi dan bimbingan dan yang memberi kami kemampuan untuk membuat proposal kerja dalam waktu singkat ini. Jenis pekerjaan yang akan kita jalankan nanti adalah restoran khas Jawa.

Banyak suku yang beragam tinggal di daerah Bandung, sehingga mereka dapat pas dalam pekerjaan yang mereka jalankan. Namun, ada batasan seperti yang kami klaim, untuk dapat membangun bisnis, yaitu modal kami merasa bahwa nilai nominalnya tidak kecil.

Kami berharap bahwa proposal ini akan memberikan manfaat, dan lebih khusus lagi bagi kami pelamar, hadirin sekalian. Ketika proposal ini datang, kami sadar bahwa kami jauh dari sempurna. Karena itu, kami sangat mengharapkan Anda semua.

3. Contoh Kata Pengantar Modul

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah saya panjat kan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt yang senantiasa melimpahkan segala rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan modul ini.

Modul ini disusun untuk memenuhi kebutuhan peserta pendidikan dan pelatihan DIklat dalam rangka sertifikasi guru profesional di bidang guru Matematika. Sesuai dengan segmentasi peserta, maka modul ini disusun dengan kualifikasi yang tidak diragukan lagi.

Teknik penyajian yang diangkat dilakukan secara terpadu tanpa pemilihan berdasarkan jenjang pendidikan. Cara ini diharapkan bisa meminimalisir terjadinya pengulangan topik berdasarkan jenjang pendidikan. 

Pembahasan modul ini dimulai dengan menjelaskan tujuan yang akan dicapai. Kelebihan modul ini, Anda bisa melihat keterpaduan ilmu matematika.

Pembahasan yang akan disampaikan pun disertai dengan soal-soal yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian dan ketuntasan. 

Penyusun menyadari bahwa di  dalam pembuatan modul masih banyak kekurangan, untuk itu penyusun sangat membuka saran dan kritik yang sifatnya membangun. Mudah-mudahan modul ini memberikan manfaat. 

Yogyakarta, 20 November 2020
Penulis

4. Contoh Kata Pengantar Modul

Modul Persiapan Simulasi Pendampingan Penyelenggaraan Perumahan Swadaya ini bertujuan memberikan informasi kepada peserta mengenai kegiatan yang perlu disiapkan dan diketahui oleh Peserta pelatihan.

Sekaligus menyiapkan bahan untuk penyusunan bahan paparan pada akhir simulasi.Modul ini disusun dalam lima bab yang terdiri dari Pendahuluan, Persiapan Kegiatan Simulasi, Pelaksanaan Kegiatan Simulasi, Evaluasi Hasil Simulasi, serta Penutup, juga dilengkapi dengan lampiran bermuatan skenario simulasi.

Fokus pembelajaran diarahkan pada keharusan peserta secara kelompok melengkapi semua kebutuhan akan kegiatan simulasi, penyusunan laporan baik secara secara kelompok.

Termasuk didalamnya untuk mengetahui aturan dalam simulasi.Modul ini disusun secara sistematis agar peserta pelatihan dapat menyiapkan pelaksanaan simulasi dengan lebih mudah.

Metode yang digunakan dalam penyelenggaraan pembelajaran diharapkan dapat mendorong peran aktif peserta pelatihan. Akhirnya, ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan kepada tim penyusun dan tim penyempurna atas tenaga dan pikiran yang dicurahkan untuk mewujudkan modul ini.

Penyempurnaan maupun perubahan modul di masa mendatang senantiasa terbuka dan dimungkinkan mengingat akan perkembangan situasi, kebijakan dan peraturan yang terus menerus terjadi. Harapan kami tidak lain modul ini dapat memberikan manfaat.

Semarang,  Oktober 2017
Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Pemukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah

5. Contoh Kata Pengantar Novel

Segala puji bagi Allah karena atas rahmat serta karunia-Nya, kami mampu menyelesaikan novel sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Tak lupa, lantunan shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad karena berkat beliau lah kita mampu keluar dari jalan yang gelap menuju jalan yang terang serta semoga kelak kita sama-sama mendapatkan syafa’at beliau. Beliau juga telah membawa ajaran agama Islam yang membuat hati kita selalu sejuk, damai, dan aman, sebagai pedoman hidup yang akan selalu kita bawa sampai kapan pun.

Adapun novel kami yang berjudul “Pohon Kenangan Kita II” ini telah kami buat semaksimal dan sebaik mungkin agar supaya mampu menjadi pelepas dahaga para pembaca yang sudah lama menantikan kelanjutan dari kisah Pohon Kenangan Kita I yang sudah kami keluarkan beberapa waktu yang lalu.

Kami juga menyadari bahwa tidak ada satupun karya manusia yang ada di dunia ini yang bisa dikatakan sempurna. Untuk itu, kami memohon agar para pembaca yang budiman berkenan untuk memberikan saran dan masukan demi untuk meningkatkan kualitas kami agar supaya kami semakin mampu menghasilkan karya-karya terbaik lainnya dan demi membuat para pembaca semakin puas dengan hasil karya kami.

Demikian novel yang kami buat, semoga dapat memberikan manfaat serta menambah wawasan para pembaca. Terimakasih.

Jakarta, 12 November 2018

6. Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirrahmanirrahim

Puji syukur penulis panjat kan kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam. Atas izin dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah tepat waktu tanpa kurang suatu apa pun. Tak lupa pula penulis haturkan shalawat serta salam kepada junjungan Rasulullah Muhammad SAW. Semoga syafaatnya mengalir pada kita di hari akhir kelak.

Penulisan makalah berjudul ‘Analisis Hukum Tajwid pada Surat At Tariq’ bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Pada makalah diuraikan surat At Thariq beserta terjemah dan maknanya. Selain itu, diulas hukum bacaan pada surat tersebut.

Selama proses penyusunan makalah, penulis mendapatkan bantuan dan bimbingan dari beberapa pihak. Oleh karena itu, penulis berterima kasih kepada:

1. Ibu Dra. Sri Yani Mujahadah selaku dosen mata kuliah Pendidikan Agama Islam
2. Ustad Afuan Mafu selaku supervisor
3. Kedua orang tua yang telah memberikan dukungan
4. Pihak yang tidak dapat disebutkan penulis satu per satu

Akhirul kalam, penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Besar harapan penulis agar pembaca berkenan memberikan umpan balik berupa kritik dan saran. Semoga makalah ini bisa memberikan manfaat bagi berbagai pihak. Aamiin.

Wassalamualaikum wr.wb
Malang, 4 April 2020

7. Contoh Kata Pengantar Buku 

Bismillahirrahmanirrahim,

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kekuatan, ketekunan dan kesabaran sehingga buku yang sudah lama dipersiapkan ini akhirnya dapat diselesaikan. 

Sumber bacaan pokok dari penulisan ini adalah buku The Rorschach Technique, an Introductory Manual yang ditulis oleh Bruno Klopfer dan Helen H. Davidson tahun 1962, sebagai pelengkap juga diambil dari buku-buku antara lain Bruno Klopfer Mary D. Ainsworth, Walter G. Klopfer, & Robert R. Holtz tahun 1954 dan 1956, John E. Exner tahun 1982 dan lain-lain.

Buku ini dipersiapkan terutama untuk mahasiswa Fakultas Psikologi yang sedang mempelajari Tes Rorschach, karena sepanjang pengalaman penulis mengajar mata kuliah Tes Rorschach banyak mahasiswa yang mengeluh kurangnya bacaan dalam bahasa Indonesia. 

Buku ini terdiri dari tiga bagian, bab pertama berisi pengantar mengenai tes bercak tinta, bab kedua mengenai administrasi tes Rorschach, dan bab ketiga mengenai skoring. Interpretasi tes Rorschach tidak dimuat dalam buku ini. 

Penulisan buku ini diawali sejak tahun 1992 dalam bentuk diktat yang sederhana, kemudian dilakukan perbaikan maupun penyempurnaan berkali-kali sehingga terbentuklah buku ini. 

Penulis mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu sehingga dapat diterbitkannya tulisan ini. penulis juga merasa bahwa buku ini jauh dari sempurna, oleh karena itu segala masukan baik berupa saran maupun kritik yang membangun sangat diharapkan. 

Akhirnya semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin belajar dan mendalami tes Rorschach. Yogyakarta, 2001. Penulis M.A Subandi Ratna Wulan

*Subandi & Wulan, Ratna. 2004. Tes Rorschach Administrasi dan Skoring. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. 

8. Contoh Kata Pengantar Buku

Assalamualaikum Wr. Wb.

Ilmu keperawatan berkembang pesat dan akan selalu ada informasi yang dapat diterapkan pada saat menghadapi pasien. Semakin kaya pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan seorang perawat, akan membuatnya menjadi semakin baik dalam membuat asumsi, mengemukakan ide, dan membuat kesimpulan.

Agar seorang perawat bisa mencapai hal-hal tersebut, maka sebagai perawat tentu harus mau belajar, sebab dengan belajar kemampuan intelektual dan emosional perawat dapat berkembang. Kemampuan tersebut mendukung perawat dalam berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah, serta membuat keputusan dengan tepat dan efisien. 

Sebagai perawat, harus selalu ingat, bahwa tidak ada dua pasien yang lebih yang memiliki masalah sama persis. Perawat harus selalu mengobservasi setiap pasien dengan saksama dan teliti, sehingga bisa mencari pemikiran dan penafsiran terhadap masalah pasien, meninjau masalah tersebut dari segi keilmuan, lalu melakukan analisa terhadap masalah pasien, dan membangun pendekatan yang tepat untuk merawat pasien. 

Guna menunjang perawat agar dapat mencapai setiap tujuan di atas, perawat perlu mempelajari serta melalui tahapan proses atau metodologi keperawatan.

Secara umum, proses atau metodologi keperawatan dibagi menjadi lima tahap,  yang akan dibahas di dalam buku ini. yaitu pengkajian keperawatan, diagnosa keperawatan, perencanaan asuhan keperawatan, implementasi keperawatan dan evaluasi.

Pemahaman mengenai metodologi keperawatan sangat berguna bagi perawat agar lebih kreatif, bisa bertindak cepat dalam berbagai keadaan dan mampu membuat keputusan berkualitas untuk kebaikan pasien.

Jika perawat mampu memahami metodologi keperawatan dengan baik, dia akan menemukan dan merasakan bahwa perawatan terhadap pasien akan lebih baik karena keputusan klinis yang sudah dibuat. 
Buku ini menuntun profesi perawat untuk memahami metodologi keperawatan, menjelaskan berbagai aspek yang berlaku pada metodologi keperawatan yang diterapkan pada saat melakukan praktik asuhan keperawatan kepada pasien. Pemaparan materi akan dimulai dengan memahami apa itu metodologi, sehingga mengerucut kepada lima tahapan metodologi keperawatan.

Tidak ketinggalan juga pembahasan mengenai berpikir kritis, sebab pemikiran kritis perawat adalah pusat dari praktik keperawatan profesional dan berguna untuk selalu memperbarui cara pendekatan kepada pasien, belajar dari kesalahan, dan terus menerapkan pengetahuan-pengetahuan baru untuk mendapatkan pengalaman klinis baru.

Bagi kalangan mahasiswa Keperawatan layak memiliki buku ini sebagai pendamping bahan ajar perkuliahan.

Akhirnya, semoga buku ini bermanfaat, saran serta kritik yang bersifat membangun dari para pembaca, sangat kami harapkan untuk kesempurnaan buku ini kedepannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Yogyakarta
Tim Penyusun

*Induniasih & Hendarsih, Sri. Metodologi Keperawatan. PT Pustaka Baru

Nah, dari beberapa contoh kata pengantar buku ajar di atas, ada beberapa gaya dan bentuk kata pengantar. Semoga dengan contoh di atas memberikan gambaran bagaimana cara membuat kata pengantar. 

Selamat mencoba, ya!


 

Referensi: 

Induniasih & Hendarsih, Sri. Metodologi Keperawatan. PT Pustaka Baru. 

Subandi & Wulan, Ratna. 2004. Tes Rorschach Administrasi dan Skoring. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. 

Sarwono, Sarlito W. 2002. Berkenalan dengan Aliran-aliran dan tokoh-tokoh psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.Sumampouw, Oksfriani J. & Pinontoan, Odi R. 2020. Toksikologi Lingkungan : Kajian dalam Kesehatan Masyarakat). Yogyakarta: Deepublish.

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan