banner 468x60

Ingin Belajar Bisnis dan Ekonomi, STIA Madani Klaten Solusi Tepat. Pendaftaran Hub. 0815 6789 8354 dan 0812-1260-6256

 Kampus
banner 468x60
Ingin Belajar Bisnis dan Ekonomi, STIA Madani Klaten Solusi Tepat. Pendaftaran Hub. 0815 6789 8354 dan 0812-1260-6256

 

 

 

Ilmu administrasi bisnis merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat diperlukan dalam ketatnya persaingan bisnis dewasa ini.

Mungkin ada di antara kamu yang belum mengetahui apa itu administrasi bisnis.

Administrasi bisnis atau sering disebut dengan administrasi niaga adalah suatu bidang studi khusus yang mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan operasional bisnis dan perusahaan.

Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi pemasaran atau marketing, pengelolaan keuangan, pengelolaan personalia (SDM), hingga produksi.

Selain operasional bisnis, administrasi bisnis juga meliputi ilmu tentang cara menciptakan produk baru.

Jika kamu mengambil jurusan administrasi bisnis, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti ilmu:

  • keuangan bisnis
  • sumber daya manusia
  • operasi bisnis
  • teori dan perilaku organisasi
  • manajemen kepemimpinan
  • kewirausahaan
  • ilmu pemasaran
  • perencanaan bisnis
  • teori pengambilan keputusan
  • perbankan
  • moneter

Tertarik dengan bidang studi administrasi bisnis ini?

Staf Administrasi

Salah satu prospek kerja seorang lulusan administrasi bisnis adalah sebagai staf administrasi dari sebuah perusahaan.

Posisi staf administrasi dalam perusahaan sendiri sangat beragam, seperti staf administrasi umum, perpajakan, gudang, dan masih banyak lagi yang bisa ditempati oleh lulusan administrasi bisnis.

Ada beberapa tugas yang dikerjakan oleh staf administrasi.

Tugas pertama yaitu filing atau rekapitulasi data seperti surat domisili, surat bukti transaksi, dan surat berharga aset perusahaan.

Selain itu, staf administrasi bertanggung jawab membuat surat-surat resmi yang dibutuhkan perusahaan seperti surat domisili, surat perpanjangan kontrak, dan surat pembelian.

Lulusan administrasi bisnis yang bekerja menjadi staf administrasi juga melakukan penjadwalan perusahaan yang bersifat universal, seperti mengatur meeting dengan beberapa klien sekaligus untuk efisiensi waktu.

Manajemen Perusahaan

Lulusan administrasi bisnis memiliki kompetensi yang cukup lengkap.

Salah satu kompetensi tersebut adalah di bidang manajemen.

Pengertian manajemen perusahaan adalah proses memimpin, pengadministrasian, dan mengarahkan perusahaan.

Seorang manajer harus bisa mengambil keputusan, berkomunikasi, memberi motivasi, melakukan delegasi, serta mengembangkan orang lain dengan penilaian, saran, dan training.

Selain itu manajer harus bisa melakukan perencanaan matang mengenai berbagai aktivitas perusahaan serta mengawasi keberjalanannya.

Jika kamu adalah lulusan administrasi bisnis dan ingin menempati posisi manajer dalam perusahaan, kamu bisa melamar di program management trainee yang biasanya diadakan perusahaan-perusahaan besar.

Dalam program ini kamu sebagai lulusan administrasi bisnis tidak hanya bekerja menurut ilmu yang kamu miliki saja.

Kamu akan didorong untuk mempelajari keseluruhan perusahaan sebelum diposisikan di bagian manajemen tertentu.

Staf Sumber Daya Manusia

Posisi lain di perusahaan yang biasa ditempati oleh lulusan administrasi bisnis adalah staf sumber daya manusia.

Staf sumber daya manusia atau biasa disebut human resource development (HRD) adalah bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab dalam sumber daya manusia mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru hingga kontrak kerjanya.

Selain itu, HRD berfungsi memetakan dan menyaring sumber daya manusia dalam perusahaan.

Jika kamu seorang lulusan administrasi bisnis dan berminat untuk bekerja di bagian HRD, kamu harus bisa menguasai kompetensi seperti teamwork, komunikasi, membangun hubungan dengan orang lain, serta mampu mengembangkan orang lain.

Staf Pemasaran

Salah satu mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan administrasi bisnis adalah kebijakan dan strategi pemasaran atau marketing.

Maka dari itu, seorang lulusan administrasi bisnis sangat mungkin untuk bekerja sebagai staf pemasaran di suatu perusahaan.

Divisi pemasaran dalam perusahaan berfungsi meningkatkan penjualan produk barang atau jasanya dengan berbagai cara promosi.

Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan lulusan administrasi bisnis di divisi pemasaran adalah melaksanakan tugas sehari-hari dalam bidang administrasi dalam membantu manajer pemasaran memenuhi fungsi divisi pemasaran.

Tidak hanya berkutat pada masalah administrasi saja, seorang lulusan administrasi bisnis yang bekerja di divisi pemasaran juga sangat berpotensi untuk menjadi manajer.

Manajer pemasaran bertugas melakukan wawancara, merekrut, dan mengatur para staf pemasaran, membuat berbagai program dan proyek untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

Manajer pemasaran juga dituntut untuk mampu berpikir kreatif.

Di tengah tren internet marketing saat ini, persaingan mendapatkan perhatian masyarakat pada produk yang dijual semakin ketat.

Oleh karena itu, kreativitas sangat dibutuhkan untuk bisa menemukan formula yang tepat untuk meningkatkan brand awareness di mata masyarakat.

Entrepreneur

Seorang lulusan administrasi bisnis tidak hanya mampu bekerja di perusahaan, tapi juga membangun usahanya sendiri.

Berbagai ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah, seperti sumber daya manusia, komunikasi, manajemen, ketenagakerjaan, akuntansi, serta pemasaran sangat berpotensi untuk diaplikasikan seluruhnya dalam membangun dan mengelola bisnis sendiri.

Sebagai seorang pengusaha, kamu harus memiliki kreativitas dalam membuat ide bisnis yang mampu bersaing dengan usaha-usaha lain.

Selain itu, kamu harus memiliki kegigihan yang tinggi karena membangun bisnis pasti memiliki banyak sekali halangan dan rintangan.

Konsultan Bisnis

Dengan berbagai ilmu yang dikuasai di bidang bisnis, seorang lulusan administrasi bisnis juga bisa menjadi konsultan bisnis.

Konsultan adalah seorang yang dipercaya memberi nasihat mengenai berbagai aspek bisnis yang ada dalam perusahaan klien, namun tidak diberi kewenangan untuk melakukan implementasi dan kebijakan.

Konsultan sendiri terbagi dalam dua kategori, yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal.

Perbedaannya terletak pada di mana konsultan tersebut bekerja, apakah di dalam perusahaan yang meminta konsultasi atau suatu firma atau agensi konsultan tersendiri.

Dosen

Apabila kamu lulus dari jurusan administrasi bisnis, tapi masih ingin terus belajar dan mencintai ilmu tersebut, mungkin dosen adalah profesi yang tepat untukmu. Untuk bisa menjadi seorang dosen, kamu harus memiliki keahlian dan pengetahuan yang mumpuni.

Maka dari itu, tidak jarang universitas yang mensyaratkan para dosennya untuk memiliki pendidikan S2 atau S3.

Selain mengajar para mahasiswa di kelas, dosen juga harus melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang digeluti.

Penelitian tersebut biasanya menghasilkan suatu karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di jurnal baik nasional atau internasional.

 

Ayooooo Buruan Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Madani Klaten.

 

Ada 2 Program Studi : Ilmu Administrasi Niaga/ Bisnis dan Ilmu Administrasi Negara/ Publik.

Beaya Paket Hanya Rp. 15 Juta, Cara Pembayaran Rp. 1.560.000,00 Saat Registrasi, dan Rp. 280.000,00/ bulan.

 

SYARAT PENDAFTARAN : Mengisi Formulir, FC KTP, FC Ijazah Legalisir, FC KK, Foto 3×4 Sebanyak 2 Lembar.

Alamat : Jalan Jogja-Solo KM 5, Pilangsari, Gondang, Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah.

Contak Person : 081 567 898 354 (WA/ SMS/ TELP)

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan