banner 468x60

CARA JITU PROMOSIKAN BUKU TERBITAN SENDIRI.

 Kampus
banner 468x60
CARA JITU PROMOSIKAN BUKU TERBITAN SENDIRI.

 

Menerbitkan buku secara mandiri berarti harus lebih banyak promosi. Supaya omset penjualan bukunya sesuai harapan. Ada berbagai cara ampuh mempromosikan buku, yang bisa Anda praktekkan. Apa saja cara yang bisa segera diterapkan?

Membuat Book Trailer

Pastinya Anda sering mendengar istilah Movie Trailer? Cara ini terbukti sangat ampuh untuk mengenalkan film terbaru kepada masyarakat. Anda pun bisa menerapkannya untuk pemasaran buku. Dengan cara membuat book trailer. Secara umum tidak ada perbedaan dengan movie trailer. Karena yang membedakan adalah produk yang dipromosikannya. Anda bisa mengemas book trailer secara sederhana atau lebih rumit. Hal ini terkait dengan anggaran yang disediakan. Bentuk dari book trailer bisa berupa video pendek, yang diperankan oleh manusia atau bentuk motion comic. Lebih mudah lagi dengan menampilkan kumpulan slide gambar. Pastikan setiap gambar atau video tidak melanggar hak cipta.

Promosikan Buku di Komunitas Penulis

Kalau Anda berniat menekuni dunia tulis menulis, sangat disarankan untuk bergabung dengan komunitas penulis. Ada banyak grup kepenulisan yang mudah ditemukan di media sosial. Dengan cara ini relasi atau pertemanan sebagai sesama penulis semakin banyak. Anda bisa menimba banyak ilmu dan pengalaman dari anggota komunitas penulis. Sehingga kemampuan dalam menulis semakin meningkat. Sehingga Anda semakin percaya diri untuk segera merilis karya. Kalau sudah berhasil diterbitkan, bisa mempromosikannya di komunitas penulis. Tidak hanya bisa menghasilkan penjualan saja. Berbagai saran atau masukan bisa didapatkan. Sehingga semakin menyempurnakan kemampuan dan kreativitasan dalam menulis. Anda berkesempatan juga bertemu dengan para book reviewer atau book blogger. Dengan begitu, karya Anda bisa mendapatkan penilaian dari mereka. Mereka pun akan merilisnya di blog pribadi, sehingga semakin banyak book lover yang mengetahui karya Anda. Melalui komunitas ini Anda juga bisa merancang jumpa penulis dan bedah buku. Sehingga karya Anda bisa lebih dikenal secara luas.

Promosikan Buku Melalui Media Sosial

Cara ini sangat wajib dilakukan. Sebab sudah terbukti efektif untuk mendukung promosi produk atau jasa. Kalau sebelumnya Anda sangat aktif di media sosial tentunya akan semakin memudahkan dalam melakukan promosi buku. Jumlah follower yang signifikan akan membuat promosi Anda dilihat lebih banyak netizen. Apalagi kalau ada orang yang dengan sukarela membagikan promosi Anda ke pengguna media sosial lain. Maka pesan akan tersebar semakin luas, dan bisa meningkatkan konversi penjualan. Kalau sudah memutuskan untuk mempromosikan buku melalui media sosial, maka Anda juga harus aktif dan fast response menanggapi pertanyaan netizen. Komunikasi dua arah yang terjalin baik, juga bisa meningkatkan penjualan buku. Kalau Anda memiliki anggaran memadai, tidak hanya bisa mengandalkan promosi gratis saja. Anda bisa mencoba iklan berbayar melalui berbagai platform. Pastikan materi promosi bukunya sangat memikat, dan sesuai dengan target pasarnya. Buatlah copywriting atau konten marketing yang powerfull, agar orang yang membaca penawaran Anda segera memutuskan untuk membeli.

Jual Buku Melalui Marketplace

Sangat disarankan Anda memiliki beberapa akun marketplace, seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya. Dengan begitu, buku bisa diakses secara luas dan menghasilkan konversi penjualan semakin tinggi. Belanja online sudah menjadi tren bagi banyak masyarakat. Jadi, jangan pernah melewatkan cara ini, agar karya Anda semakin dikenal, menghasilkan banyak penjualan dan membuat Anda semakin bersemangat untuk menelurkan karya-karya baru. Itulah beberapa cara ampuh mempromosikan buku yang bisa Anda terapkan. Hasil bisa saja berbeda untuk setiap orang. Namun, selama mengaplikasikannya dengan tepat, maka hasil optimal bisa dinikmati.

(Sumber : bintangpustaka.com)

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan