banner 468x60

PUSAT KONSULTASI SKRIPSI-TESIS-DISERTASI ILMU HUKUM CP 081 328 048 558.

 Entertainment
banner 468x60
PUSAT KONSULTASI SKRIPSI-TESIS-DISERTASI ILMU HUKUM CP 081 328 048 558.

Sudah bukan menjadi suatu rahasia lagi, bila jurusan Hukum merupakan salah satu jurusan yang paling dicari oleh para siswa SMA. Jurusan ini selalu menjadi 5 Top jurusan yang paling banyak peminat di Indonesia. Dikenal sebagai jurusan yang mempelajari tentang seluk beluk undang-undang dan keadaan Hukum, jurusan ini memang benar-benar sangat menarik perhatian.

 

Ketika memasuki jurusan ini, mahasiswanya akan dituntut untuk berpikir kritis dan fokus terhadap persoalan mengenai hukum di Indonesia maupun luar negeri. Nah, buat kamu yang ingin masuk di jurusan ini, berikut adalah hal-hal menarik mengenai jurusan hukum. Yuk simak.

 

Mata kuliah di jurusan hukum

Tak afdol rasanya, bila kita membahas suatu jurusan tanpa mengetahui mata kuliah yang di ampu pada jurusan tersebut. Jadi, kita bahas dulu yuk mata kuliah apa saja yang bakal kamu temui selama berkuliah di jurusan hukum.

  1. Pengantar Ilmu Hukum
  2. Pengantar Hukum Indonesia
  3. Hukum Perdata
  4. Hukum Tata Negara
  5. Hukum Pidana
  6. Hukum Adat
  7. Hukum Internasional
  8. Hukum Dagang
  9. Hukum Perjanjian Internasional
  10. Hukum Lingkungan

Kelebihan jurusan hukum

Suatu jurusan pasti punya kelebihan tersendiri dan tentunya akan berdampak pada mahasiswa yang mengambil jurusan ini. Berikut ini adalah kelebihan jurusan hukum

1. Akan melatih karaktermu menjadi lebih pemberani dan kritis

Menjadi mahasiswa di jurusan Hukum, secara tidak langsung akan membuatmu sangat terlatih untuk menjadi seorang yang pemberani dan kritis. Dalam kesehariannya, seorang mahasiswa hukum akan terbiasa dihadapkan dengan berbagai macam permasalahan, konflik ataupun persoalan mengenai hukum di Indonesia maupun Internasional.

Nah, hal inilah yang akan membuat para mahasiswa hukum harus dilatih untuk berani mengambil keputusan dengan tegas, adil dan bijaksana. Tidak hanya itu, mereka diwajibkan untuk membuat keputusan dengan detail dan bijaksana.

2. Membiasakan diri menjadi seseorang yang mudah menyelesaikan masalah

Selain dilatih untuk menjadi pribadi yang bijaksana dan berani, seorang mahasiswa hukum juga diwajibkan untuk menghadapi permasalahan hukum yang cukup rumit. Dengan demikian, ketika lulus mereka akan siap dan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan hukum yang ada.

3. Peka terhadap keadaan dan lingkungan sekitar

Belajar dan bekerja di lingkungan hukum membuat seseorang harus lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Mereka harus mampu menyikapi segala hal yang ada di lingkungan sekitar dengan tepat dan bijaksana. Hal ini tentunya akan membawa dampak yang baik untuk keberlangsungan hukum di Indonesia di tahun-tahun mendatang.

4. Menjadikan kamu seorang yang sangat komunikatif dan percaya diri

Berkuliah dan berkecimpung di bidang hukum tentunya akan membuat kamu terbiasa untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Kamu harus dibiasakan untuk komunikatif saat menyampaikan suatu informasi maupun menyatakan suatu pendapat. Tidak hanya itu, kamu juga dituntut untuk menjadi seseorang yang percaya diri.

Jurusan ini tersedia hampir di seluruh perguruan tinggi di Indonesia

Jurusan hukum memang menjadi dambaan hampir seluruh lulusan siswa SMA. Keberadaan jurusan ini pun nyatanya tersedia hampir di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Di Indonesia sendiri ada 10 jurusan hukum terbaik yang mungkin bisa kamu jadikan opsi untuk melanjutkan pendidikan.

Perguruan tinggi tersebut antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Lampung, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Hasanuddin.

Prospek kerja jurusan hukum

1. Ahli hukum

Berkuliah di bidang hukum tentunya akan membuka peluang yang sangat lebar buat kamu yang ingin menjadi ahli hukum. Terlebih di Negara Indonesia sendiri juga sudah dikenal dengan negara yang berkaca pada hukum. Maka dari itu, berkuliah di hukum ini akan membuat peluang yang cukup besar buat kamu agar menjadi ahli hukum.

2. Hakim

Berada di Negara yang sangat memegang tinggi sistem hukum, hal ini membuat kebutuhan hakim di Indonesia sangatlah tinggi. Dalam suatu persidangan, pasti membutuhkan sosok yang satu ini. Namun, pekerjaan ini rupanya tidaklah mudah. Kamu harus memiliki kredibilitas tinggi serta sikap profesionalisme dalam menghadapi suatu persidangan.

3. Notaris

Menjadi seorang notaris mewajibkanmu untuk menempuh pendidikan Magister Kenotariatan. Berbeda dengan pekerjaan hukum yang lain, menjadi seorang notaris akan membuatmu bekerja dengan membuka praktik sendiri. Tugas dan wewenang dari seorang notaris adalah membuat suatu akta asli yang mengatur tentang sebuat perjanjian atau ketetapan serta perbuatan yang dibuat oleh pihak terkait sesuai dengan undang-undang.

4. PNS

Selain menjadi tenaga ahli di bidang hukum, biasanya lulusan hukum ini juga banyak yang menjadi Pegawai Negeri Sipil. Jurusan hukum ini nyatanya sangat dibutuhkan di berbagai lembaga pemerintahan. Nantinya, kamu akan bertugas untuk memenuhi seluruh urusan legal yang ada di lembaga pemerintah maupun di kementerian.

5. Ahli legal

Setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga ahli legal. Dalam setiap harinya, staf legal akan berhubungan dengan seluruh asset yang dimiliki perusahaan. Seperti surat perjanjian dan berbagai macam surat dan  berkas penting lainnya.

6. Legal Auditor

Pekerjaan yang satu ini belum banyak diketahui oleh banyak orang. Profesi yang satu ini bertugas untuk melakukan pengawasan dan seluruh traksaksi hukum yang sudah berjalan. Biasanya pekerjaan ini mencakup pada lingkungan pemerintah, bisnis, korporasi, dan lingkungan masyarakat.

7. Legal and Compliance Risk Management

Nah kalau pekerjaan yang satu ini adalah pekerjaan yang bertugas untuk mengatur manajemen risiko hukum dan kepatuhan. Disini kamu akan dihadapkan dengan menemukan segala risiko yang berkaitan dengan kemampuan perusahaan untuk patuh pada hukum yang berlaku.

8. Kurator

Curator adalah suatu pekerjaan yang bisa kamu temukan bila nanti kamu berkuliah di jurusan hukum. Pekerjaan ini bertugas untuk mengurus dan membereskan harta debitor pailit di bawah pengawasan hakim pengawas. Sebenarnya, pekerjaan kurator ini dinilai cukup berat. Karena harus menyangkut kepemilikan seseorang yang harus diangkat di pengadilan.

Itu dia  fakta menarik yang bisa kamu dapatkan dari jurusan hukum. Selain belajar mengenai seluk beluk di bidang hukum, kamu juga akan mendapatkan benefit yang sangat banyak bila memasuki jurusan ini. Jadi gimana nih? Semakin tertarik kah kamu untuk berkuliah di jurusan hukum? Good luck!

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan