banner 468x60

PERSADA KONSULTAN TA S1/S2/S3 WA/TELP 0857 9998 0354 dan 0852 2998 0354

 Entertainment
banner 468x60
PERSADA KONSULTAN TA S1/S2/S3 WA/TELP 0857 9998 0354 dan 0852 2998 0354
Coba ingat-ingat sewaktu jadi mahasiswa dahulu, jadwal waktu bimbingan dan konsultasi tugas akhir dengan pembimbing skripsi/thesis seringkali molor disebabkan masalah pengolahan data penelitian tidak benar karena kurang paham dalam penggunaan metode statistik ataupun toolsnya. Banyak mahasiswa yang akhirnya menambah semester karena skripsinya belum kelar-kelar. Mahasiswa yang mengalami kesulitan mengolah data penelitian untuk skripsi/thesis tidaklah sedikit. Nah…bagi kamu yang jago utak utik data khususnya statistik kenapa tidak menggunakannya sebagai lahan menambah rezeki baik selagi menunggu lowongan pekerjaan atau memang serius akan membuka profesi konsultasi skripsi/thesis.
Dengan banyaknya berdirinya kampus-kampus maka konsultan statistik adalah sebuah peluang yang sayang untuk dilewatkan. Jasa konsultan statistik akan melengkapi berbagai jasa yang sebelumnya tumbuh diantara berbagai kebutuhan akademis mahasiswa kampus. Jasa yang sebelumnya ada diantaranya adalah jasa pengetikan, jasa fotocopy, jasa penterjemah dsb. Layanan konsultan statistik masih jarang dilirik sehingga peluang tersebut masih sedikit persaingannya. Semakin banyak berpengalaman dalam menerima konsultasi maka kemampuan dalam mengolah data, penggunaan metode serta pemanfaatan software aplikasi statistiknya akan semakin handal.
Bagi anda yang berminat sebagai konsultan statistik tidak ada salahnya mempersiapkan diri baik manajemen terkait kualitas dan kuantitas SDM yang hendak dibangun, namun bila belum siap dengan segala sesuatunya anda bisa memulai dari diri anda sendiri sebagai konsultannya. Modal persiapan usaha konsultan ini juga tidak mahal, kalau tidak ada modal untuk sewa ruangan administrasi/kantor anda juga bisa menyewa kamar kos untuk home base menerima order….toh mahasiswa pada umumnya tidak menuntut bentuk kantor yang terlalu formal. Syarat lainnya adalah memiliki komputer meski bukan yang tercanggih namun dilengkapi dengan software aplikasi statistik dan software perkantoran lainnya. Hal lain yang penting dalam sektor jasa adalah kualitas pelayanan, oleh sebab itu pemahaman mengenai ilmu statistik haruslah matang dan bisa mengukur kemampuan diri dalam melayani konsumen sehingga mahasiwa yang menjadi konsumen tidak kecewa. Maksudnya, janganlah menerima order konsultasi terlalu banyak diluar kemampuan untuk menangani semua permintaan konsultasi tersebut. Lebih baik lagi selain untuk mempertebal kocek juga dengan menyediakan layanan one stop service yaitu tidak hanya menerima layanan konsultasi statistik saja namun juga menerima jasa pengetikan sehingga akan konsumen tidak perlu beranjak ketempat lain untuk menyelesaikan tugas akhirnya.
Agar konsumen tahu tentang adanya layanan konsultan statistik kita maka strategi marketing perlu disusun. Lokasi usaha tidak perlu jauh-jauh dari lingkungan kampus karena segmen konsumennya adalah mahasiswa agar memudahkan akses mahasiswa untuk berkonsultasi. Bahkan ada pula yang memberi layanan konsultasi ini dilakukan secara online lho…. Bangun jaringan ke kampus dengan membuat dan menyebarkan leaflet dan kartu nama baik di koperasi kampus atau ditempat kos-kosan mahasiswa. Atau bisa juga membuat papan nama yang unik dan menarik mengenai jasa konsultan statistik ini. Buat program-program layanan dengan harga yang terjangkau dikantong mahasiswa tentu saja sesuai dengan kompleksitas dan skala besaran datanya atau bisa juga dengan memberi diskon harga bila membundle layanan ini dengan pengetikan skripsi/thesis.
Hambatan atau tantangan sebagai jasa konsultan statistik bukannya tidak ada, lembaga-lembaga bimbingan belajar yang ada juga dapat melebarkan usahanya sebagai pembimbing/konsultasi skripsi/thesis termasuk konsultasi statistik. Namun tentu saja biaya overhead yang ditanggung oleh lembaga bimbel ini lebih tinggi sehingga harga layanan konsultasi statistik ini tentu lebih mahal dari konsultan lepas yang overhead costnya lebih murah. Banyak pula mahasiswa yang sudah bisa mengoperasikan aplikasi statistik seperti SPSS, Minitab, Lisrel AMOS, SAS, EVIEWS  atau dengan menambah add in di Microsoft Excel, maka hal ini akan menjadi tantangan tersendiri. Namun percayalah masih banyak peluang mahasiswa yang tetap akan membutuhkan layanan konsultasi meski banyak software aplikasi statistik tersebut. Dan yang penting adalah tetap optimis dan senantiasa belajar meningkatkan kualitas pelayanan.
banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan