banner 468x60

Mengenal Dari Dekat Nusantara Training and Research(nTR), Sekolah BUM Desa yang Handal.

 Desa
banner 468x60
Mengenal Dari Dekat Nusantara Training and Research(nTR), Sekolah BUM Desa yang Handal.

Salatiga(arwiranews.com) Semenjak disahkannya Undang-Undang Desa tahun 2014 Desa memiliki kewenangan untuk mandiri dan bisa menghasilkan pendapatan sendiri. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh sebuah desa untuk mendapatkan pendapatan sendiri. Salah satunya adalah dengan mendirikan BUM Desa. Namun ada banyak sekali kendala yang ditemui dilapangan. Dari tidak meratanya SDM setiap Desa hingga Pola pikir keberhasilan Masyarakat Desa yang hanya melihat keberhasilan sebuah era kepemimpinan Kepala Desa hanya dilihat dari Pembangunan yang sudah dikerjakan.

 

Padahal dengan adanya Undang-Undang Desa ini, sebuah Desa dipinggiran sekalipun bisa menjadi pusat perekonomian yang baru. Sehingga masyarakat yang ada di desa tersebut tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk bisa meningkatkan perekonomian keluarganya. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh sebuah Desa untuk meningkatkan perekonomiannya adalah dengan membuka sebuah BUM Desa atau Badan Usaha Miliki Desa. Namun banyak sekali kendala yang ditemukan di Desa, salah satu kendalanya adalah seperti yang sudah dipaparkan diatas. SDM di Desa belum mampu untuk mengembangkan dan menguatkan usaha BUM Desa maka diperlukan sebuah Training BUM Desa.

 

BUM Desa diakui keberadaannya oleh pemerintah dan dilindungi oleh Undang-Undang, namun masih banyak dari Pemerintah Desa yang belum memahami tentang keberadaan BUM Desa. Memang tidak mudah untuk memulai sebuah unit usaha BUM Desa. Ada banyak tahapan yang perlu dilakukan agar semuanya bisa berjalan dengan sukses. Maka training BUM Desa ini hadir untuk membantu menguatkan dan atau membentuk sebuah BUM Desa agar bisa sukses dan bisa meningkatkan pendapatan Desa.

Kenapa harus mengikuti Training BUM Desa?

Training BUM Desa ini patut untuk diikuti karena dengan mengikuti pelatihan ini maka diharapkan bisa mengembangkan BUM Desa yang bisa terus berkembang. Pelatihan BUM Desa ini mencakup bagaimana membangun dan menguatkan sebuah BUM Desa.

  • Fasilitas Lengkap

Training BUM Desa ini menyediakan berbagai macam fasilitas lengkap yang cukup menarik.  Dari Mulai Lokasi Pelatihan, Materi Hingga Study Lapangan kami berikan yang terbaik untuk anda. Para peserta pelatihan ini akan mendapatkan kenyamanan dalam pelaksaan pelatihan sehingga diharapkan mampu menyerap semua materi yang diberikan.

  • Materi

Yang membuat Training BUM Desa ini menjadi semakin menarik adalah selain nama-nama profesional di Bidang BUM Desa ini ada adalah materi yang disampaikan tidak hanya sekedar materi oleh narasumber namun juga ada berbagai macam tips dan sharing pengalaman mengenai BUM Desa. Sebuah Desa seharusnya memiliki sebuah BUM Desa sebagai wadah untuk membangun sebuah desa. Dengan adanya BUM Desa ini diharapkan desa akan memiliki pendapatan yang bisa digunakan untuk membangun sebuah Desa itu sendiri. Dengan adanya BUM Desa yang Mandiri maka kebangkitan Ekonomi Indonesia dari Desa bukanlah menjadi hal yang tidak mungkin untuk dilakukan.

 

Dengan mengikuti Training BUM Desa ini maka desa dan BUM Desa akan berjalan dengan maksimal karena fungsi pengawasan dan pendampingan bisa berjalan berirama. Namun hal tersebut tidak mungkin bisa tercapai jika BUM Desa sendiri tidak memiliki Kemampuan SDM yang unggul dan SDM yang unggul ini bisa diwujudkan salah satunya dengan mengikuti Training BUM Desa ini. Sudah banyak kasus yang terjadi dikalangan desa serta BUM Desa yang pada akhirnya hanya sekedar nama saja / atau hanya sekedar berdiri namun tidak bisa berkembang. Kebanyakan dari mereka salah memilih jenis usaha dan kurangnya SDM pengelola BUM Desa dan kesadaran Warga Masyarakat untuk turut serta membangun BUM Desa ini bisa berkembang.

 

Untuk bisa memiliki BUM Desa yang unggul harus dimulai dari Sumber Daya Manusia Pengelola yang unggul pula.

 

Selain itu juga, sebagai salah satu pengurus desa kita tidak bisa mengandalkan dari adanya dana desa di setiap tahunnya yang diberikan oleh pemerintah. Dana yang diberikan oleh pemerintah juga inii harus bisa kita gunakan untuk mengembangkan sebuah usaha untuk desa yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa ini. Sehingga keuntunggan dari permodalan dari Dana Desa ini awalnya akan bisa kita gunakan untuk membangun sarana dan prasarana desa yang lebih baik kedepannya. Tentunya diperlukan SDM yang Unggul untuk bisa mewujudkan semua mimpi besar itu. Dengan adanya Dana Desa serta BUM Desa yang digunakan untuk mengelola sebagian dana desa untuk usaha maka bukan tidak mungkin dalam waktu dekat kesejahteraan warga akan meningkat. Namun pada pelaksanaannya masih banyak BUM Desa yang gagal melaksanakan tujuan program tersebut, selain karena kemampuan yang tidak memadai namun juga terjadi penyimpangan yang dikarenakan penyalahgunaan dana tersebut.

 

Oleh karena itu diperlukan adanya Training BUM Desa agar orang yang nantinya dipilih oleh warga untuk menjadi pengelola BUM Desa ini memiliki kemampuan serta pengetahuan yang memadai untuk bersinergi dengan lingkungan desa yang ada. Kemampuan Manajerial, Akuntansi serta karakter yang kuat sangat diperlukan agar bisa menciptakan Staff Pengelola BUM Desa yang Jujur serta bertanggung jawab. Memiliki seorang Pemimpin BUM Desa yang memiliki semua kemampuan diatas memang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan juga semangat untuk mengembangkan tugas ini dengan sukarela demi kemajuan Desa. Bisa mengelola Dana Desa dari Pemerintah serta Swadaya Masyarakat ini dengan sukses tanpa adanya penyelewengan Dana. Dana yang diberikan bisa tepat guna sesuai dengan kebutuhan dan bisa menghasilkan. Sehingga setiap ada kegiatan / di akhir tahun bisa mempertanggung jawabkan apa yang sudah bumdes ini hasilkan.

 

Kegiatan Training BUM Desa ini dilatarbelakangi oleh banyaknya BUM Desa yang ada di kebanyakan desa di Indonesia ini tidak jalan / tidak ada kegiatan dan parahnya lagi terancam untuk tutup. Hal ini karena kurangnya keahlian SDM yang dimiliki oleh para pengurus BUM Desa yang ada di Desa tersebut. Kurangnya keahlian ini bisa dikurangi dengan mengikuti Training BUM Desa dari “Nusantara Training And Research” (nTR)

 

Metode Training yang digunakan oleh Nusantara Training And Research adalah metode sekolah lapangan yang menggabungkan teori dan praktik secara langsung. Sehingga diharapkan peserta merasa tidak bosan dan bisa menyerap semua materi yang diberikan oleh para Master BUM Desa ternama antara lain Sariyanto, S.Pd (Ketua Umum Persatuan BUM Desa Indonesia), Eko Wiratno, S.Sos, M.M, M.E (Pendiri Sekolah Manajemen BUM Desa 17), Meida Rachmawati, S.E, M.M, M.H (Dosen dan Praktisi).

 

Yang perlu kita garis bawahi bersama dan harus kita yakini adalah setiap Desa di penjuru Negeri ini semuanya memiliki Potensi. Potensi yang dimiliki ini bila dikembangkan dengan baik pasti bisa mensejahterakan masyarakatnya. Namun yang menjadi masalah adalah Warga Desa ini yang tidak menyadari besarnya Potensi yang dimiliki. Pada Kesempatan inilah maka sebenarnya Potensi BUM Desa ini bisa dikembangkan dan bisa menjadi sebuah unit usaha yang bisa mensejahterakan warga masyarakatnya. Usaha yang dikembangkan ini berbasis potensi asli desa yang pastinya seleuruh warga desa yang ada pasti bisa mendapatkan manfaat dari unit usaha bumdes ini.

 

Dalam Training BUM Desa ini saat langsung ke lapangan ini akan diajak untuk mengunjungi sebuah BUM Desa yang sudah sukses guna study banding dan bisa ditiru untuk diaplikasikan ke BUM Desa yang baru akan dibentuk oleh peserta Pelatihan BUM Desa ini. Dengan adanya metode ini maka diharapkan peserta bisa dengan cepat menyerah semua materi yang diberikan. Sehingga saat kembali ke Desanya kembali bisa mendapatkan keahlian untuk membentuk dan mengelola sebuah BUM Desa yang bisa sukses serta bisa mensejahterakan warga. Training BUM Desa ini juga diharapkan bisa menjadi solusi bagi setiap desa yang memiliki masalah tentang BUM Desa. Setelah selesai mengikuti Pelatihan ini bisa mendapatkan pencerahan atau obat terhadap apa yang menjadi masalah dalam BUM Desa nya.

Metode Pelatihan BUM Desa          

Metode yang digunakan dalam pelatihan dan pendampingan BUM Desa ini adalah menggunakan metode di dalam kelas dan langsung praktik ke BUM Desa terbaik secara langsung

Tujuan Kegiatan Training  BUM Desa

  • Memahami cara menggali Potensi Desa dan mengetahui cara untuk mengembangkan potensi desa tersebut sehingga bisa menjadi desa Mandiri.
  • Memahami cara untuk menginisiasi, memulai, menentukan jenis usaha dan Mengembangkan Badan Usaha Milik Desa sebagai lembaga yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang ada di Desa.
  • Memahami bagaimana memanajemen sebuah organisasi BUM Desa dan cara Pengelolaannya.
  • Mampu Merancang Desain serta Strategi rencana pengembangan untuk BUM Desa yang akan dibentuk.
  • Mampu Memahami cara memasarkan Usaha BUM Desa yang akan dijalankan.

Manfaat Kegiatan Training  BUM Desa

  • Memberikan pengenalan perencanaan desa berbasis potensi yang mampu menggerakkan pembangunan desa
  • Memberikan pemahaman mengenai prosedur pembentukan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa yang partisipatif, inovatif, edukatif, transparan, dan akuntabel
  • Memberikan daya kreativitas wirausaha dalam mengembangkan BUM Desa di desa.
  • Mengenalkan keragaman usaha BUM Desa yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan desa

Materi Pelatihan BUM Desa secara umum:

  1. Strategi pemetaan potensi dan peluang Desa dalam menentukan jenis Usaha BUM Desa.
  2. Penyusunan struktur organisasi.
  3. Penyusunan Anggaran dan Penyusunan Laporan.
  4. Penyusunan sistem akuntansi dan SOP.
  5. Ide Bisnis Desa
  6. Strategi pengelolaan BUM Desa yang profesional
  7. Tehnik Fasilitasi Musyawarah Desa
  8. Strategi permodalan BUM Desa
  9. Membangkitkan motivasi bisnis sosial
  10. Analisa Rantai nilai
  11. Survey Pasar
  12. Menyusun model bisnis Desa
  13. Pendampinan BUM Desa sampai naik bintang

Studi Lapangan BUM Desa Terbaik

Studi Lapangan di acara Training BUM Desa ini merupakah salah satu cara cepat guna menciptakan perubahan bagi peserta Training. Dengan berkunjung ke BUM Desa yang sudah sukses ini maka diharapkan peserta training bisa mereplika atau meniru metode yang digunakan. Dengan adanya Study Lapangan ini pula bisa mengerti langsung kondisi lapangan dan bagaimana bisa memulai sebuah BUM Desa yang bisa sukses. Diskusi terbuka dengan para pelaku Usaha BUM Desa ini secara langsung ini pula bisa menjadi nilai tambah materi yang tidak ada di dalam kelas. 

Manfaat Studi Lapangan  

  • Memberikan wawasan dan pengetahuan baru serta mengetahui kondisi lapangan secara langsung.
  • Sebagai bahan analisa untuk membandingkan dengan kondisi asli desa sehingga bisa menghasilkan rumusan baru untuk BUM Desa baru yang akan dibentuk.
  • Menambah Jaringan Kerjasama sesama BUM Desa untuk bisa saling menguatkan.

 

Training-training BUM Desa ini perlu digalakkan dan dilakukan di Seluruh Indonesia guna mempercepat terciptanya perekonomian Indonesia dari Desa. Besarnya Dana Desa yang dikeluarkan oleh Pemerintah Diharapkan bisa digunakan sebagian untuk memulai sebuah Unit Usaha Milik Desa dengan BUM Desa. Dengan Dana Desa yang dikeluarkan diawal sebagai modal awal untuk memulai usaha BUMDes ini diharapkan bisa menyumbang PAD. Selain memiliki manfaat langsung dengan masyarakat yang ada juga BUM Desa diharapkan bisa Mandiri.

 

Selain itu juga dengan diperlakukannya sistem pengawasan dan Pengendalian oleh Pemerintah Pusat langsung ke Desa juga diharapkan Pemerintah Desa siap dengan Laporan Pertanggungjawaban Dana Desa yang sudah digunakan. Namun beda kasusnya kalau Dana Desa sebagian ini digunakan untuk BUM Desa maka Dana Desa yang masuk ke BUM Desa diawalnya saja yang perlu dipertanggung jawabkan. Namun bagaimana untuk memulai semuanya itu tentunya akan selalu menjadi pertanyaan dan kendala bagi setiap Desa. Oleh karena itu “Training Nusantara And Research” hadir menyelenggarakan Training BUM Desa bagaimana Menumbuhkan, Menguatkan BUM Desa sehingga berhasil menjadi ujung tombak peningkatan Perekonomian Desa.

 

Hubungi Kami “Nusantara Training and Research” (nTR)

Office :Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah Phone 081 392 693 969

E-Mail : nusantaratr@gmail.com

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan