Jumat, 04 Desember 2020

banner 468x60

Danang Witono, Kades Birit-Klaten Yang Merakyat dan Dicintai Warganya.

 Desa
banner 468x60
Danang Witono, Kades Birit-Klaten Yang Merakyat dan Dicintai Warganya.

Klaten(arwiranews.com) Menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah, karena tidak semua kebijakannya akan di terima oleh semua pihak. Apalagi bila kebijakannya dinilai merugikan maka bersiaplah untuk tidak populer bahkan lebih dari itu akibatnya bisa kurang baik bagi pribadi dan orang-orang di sekelilingnya. Lain halnya jika kebijakannya dinilai baik dan memihak maka pujian hingga loyalitas yang dipimpin akan datang dan menguntungkan. 

 

Seperti dialami Danang Witono, Kepala Desa(Kades) Birit, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, ia dinilai banyak pihak mampu menjadi seorang pemimpin yang berhasil dengan baik di wilayahnya, terbukti dengan kehidupan masyarakatnya yang mayoritas petani bisa hidup dengan tenang, rukun, damai dan sejahtera. Ketika dihubungi melalui sambungan telpon Kades Birit Danang Witono yang sedang keliling wilayah nya dalam pantaun ronda malam tetap melayani redaksi dengan baik. “Malam ini saya baru memonitor di pos-pos ronda untuk bersama warga menjaga lingkungannya masing-masing dan alhamdulillah setiap dukuh di Desa Birit ada posko rondanya”, ujar Danang.

 

Disinggung terkait ada berapa warganya yang sudah pulang kampung Danang menuturkan sampai hari ini sudah ada 30 warganya yang pulang kampung dan semuanya karantina mandiri. “Untuk warga Desa Birit yang merantau semua sudah kita data dan  ada grup Medsosnya jadi kita sangat mudah dalam hal koordinasi, bahkan ada beberapa warga Birit yang tidak pulang kampung malah iuran bersama untuk membantu saudaranya yang ada di kampung untuk meringankan akibat pandemi Covid 19 ini”, sambungnya.

Selama masa kepemimpinan Kades Danang Witono sejak 2017 sudah cukup banyak terobosan yang dilakukan, terutama di bidang pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat dan juga sudah terbentuk adanya Badan Usaha Milik Desa(BUM Desa) yang mempunyai unit-unit usaha antara lain PPOB, Server jaringan internet, dan lain-lain. “Untuk pemberdayaan pemuda kita hidupkan kembali Karang Taruna Desa, karena pemuda adalah aset Desa yang harus kita support untuk maju”, tegas Danang.

 

Salah satu kelebihan yang paling nyata Kades Birit ini di mata masyarakat adalah karakternya yang mengayomi, mudah dihubungi dan selalu siap kapan dan dimana saja untuk melayani warganya. Terlebih jika dalam masalah yang perlu penanganan khusus misalnya Kades Birit memberikan bantuan secara sukarela peti mati bagi warga Desa Birit yang kena musibah. “Saya dulu bukan siapa-siapa, saya jadi Kades atas sengkuyung masyarakat Desa Birit, untuk peti ini saya wakafkan untuk warga Birit sekedar meringankan” jelas Danang.

 

Diakhir pembicaraan dengan redaksi Danang berjanji kedepan akan bekerja lebih maksimal lagi. Dan ia juga akan memaksimalkan semua dana yang masuk ke desa baik itu Dana Desa, ADD, maupun dana yang lain yang bisa diakses untuk pembangunan Desa Birit  selanjutnya dipergunakan dengan baik dan dikelola secara profesional, sehingga setiap rupiah yang digunakan bisa dipertanggungjawabkan untuk kemajuan desa semata. (Eko Wiratno)

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan