banner 468x60

Catat Tanggalnya, Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Online di Klaten 1-4 Juli 2020.

 Regional
banner 468x60
Catat Tanggalnya, Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Online di Klaten 1-4 Juli 2020.

 

Klaten(arwiranews.com) Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten secara resmi telah menginformasikan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP online dilakukan awal Juli 2020.

PPDB di Klaten diatur dalam Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Tentang Pedoman Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020/2021 yang diunggah di laman resmi Disdik Klaten, Selasa (9/6/20)

“Untuk PPDB SMP akan dilakukan secara online, pendaftaran dilakukan pada 1-4 Juli 2020 nantinya ada 4 jalur pendaftaran yang digunakan” terang Kepala Dinas Pendidikan Klaten Wardani Sugiyanto saat dikonfirmasi tim liputan Diskominfo.

Empat jalur yang pendaftaran yang disiapkan Disdik untuk PPDB SMP online, terangnya, pertama adalah jalur zonasi dengan kuota paling sedikit 50 persen, kedua adalah jalur afirmasi dengan kuota paling sedikit 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali dengan kuota paling banyak 5 persen, dan jalur prestasi dengan kuota maksimal 30 persen atau sisa kuota dari ketiga jalur di atas.

Terkait jalur pendaftaran afirmasi, ditujukan bagi siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dari daerah zonasi yang bersangkutan. Sebagai bukti, kini harus ditunjukan dengan kepesertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau daerah seperti PKH, KIP, KKS, atau surat keterangan BDT dari Dinas Sosial.

Ditambahkannya terkait alur pendaftaran, langkahnya adalah siswa atau orang tua menyiapkan berkas pendaftaran. Lalu siapkan jalur pendaftaran online yang dipilih pada 1-4 Juli 2020, buka dan isi form pendaftaran. Setelah Itu unggah berkas yang dibutuhkan, nanti akan diverifikasi petugas. Pendaftar kemudian menunggu dan mengambil pengesahan tanda bukti pendaftaran secara online.

Dilanjutkan dengan tahapan analisis dan penyusunan peringkat berdasarkan jalur oleh pihak sekolah. Jurnal rekap nilai harian akan di update oleh pihak sekolah lewat online atau papan pengumuman sekolah. Untuk pengumuman PPDB akan dilangsungkan 8 Juli 2020. Proses daftar ulang pada 9-10 Juli 2020 dan hari pertama masuk sekolah pada 13-15 Juli 2020.

“PPDB tahun ini bagi TK, SD, dan  SMP dilakukan dengan sistem daring (online) dan luring (offline). Untuk SMP dilakukan secara online” imbuhnya

Dalam pedoman teknis PPDB Disdik Klaten tersebut turut dijelaskan bahwa berkaitan proses daftar ulang akan dilakukan dengan cara membawa dan menunjukkan persyaratan yang ditentukan asli.

Dalam proses daftar ulang tersebut diatur dengan protokol kesehatan, menerapkan physical atau social distancing dan harus menghindari kerumunan calon siswa.

Selain itu, pendaftaran siswa baru bagi jenjang TK dan SD sederajat pun akan dilakukan pada 1-4 Juli 2020.

Penulis Diskominfo Klaten

banner 468x60

Author: 

Related Posts

2 Responses

  1. Author

    admin10/06/2020 at 23:19Reply

    mantul

    • Author

      admin10/06/2020 at 23:22Reply

      aamiin.

Tinggalkan Balasan