banner 468x60

Alur Pemberian Insentif Kartu Prakerja

 Regional
banner 468x60
Alur Pemberian Insentif Kartu Prakerja


Jakarta (arwiranews.com) Manajemen Pelaksanan Prakerja (PMO) menjelaskan proses penyaluran insentif bagi peserta penerima kartu prakerja. Pada gelombang I, terdapat 168.111 peserta yang menerima insentif sebesar Rp3,55 juta baik untuk biaya pelatihan maupun insentif pascapelatihan.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan insentif ditransfer ke rekening virtual account milik peserta. Namun saat ini baru Rp1 juta insentif yang bisa digunakan untuk membeli pelatihan yang ada di platform digital.

“Peserta punya kartu debit tapi digital bukan kartu fisik, dan dia kemudian bisa browsing dan pilih pelatihan. Saat pilih satu jenis pelatihan, dia gunakan kartu prakerja sebagai alat pembayaran,” katanya dalam video conference di Jakarta, Kamis, 23 April 2020.

Saat membeli pelatihan, platform digital akan memberikan pemberitahuan kepada Manajemen Pelaksana Prakerja. Kemudian PMO lakukan otorisasi dan bayar ke lembaga pelatihan melalui platform digital. Dengan kata lain, platform merupakan pasar dengan konsumennya masyarakat dan produsennya lembaga pelatihan.

“Itu beritahukan ke PMO bahwa peserta A beli kursus dari lembaga pelatihan C. Misal, Ali belanja kursus buat kopi atau barista oleh lembaga pelatihan di platform Tokopedia. Tokopedia konfirmasi ke PMO bahwa ini terjadi transaksi,” jelas dia.

Menurutnya tidak ada pembayaran langsung kepada lembaga pelatihan ataupun platform digital. Semuanya bisa didata dalam sistem kartu prakerja. Adapun pilihan pelatihan dan platform digital mana yang akan diikuti seluruhnya menjadi kewenangan peserta kartu prakerja.

“Pasar kan ada tempat menjual dan pasar berikan jasa pemasaran. Lembaga pelatihan nanti bisa buat kesepakatan komersil. Mereka bisa pilih pasar mana yang paling murah dan itu komisi antara lembaga pelatihan dan platform,” pungkasnya.

(Sumber : Lampost.co)

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan