banner 468x60

Gempa Hari ini Guncang Selatan Jawa, Terasa sampai Klaten.

 Nasional
banner 468x60
Gempa Hari ini Guncang Selatan Jawa, Terasa sampai Klaten.

Klaten(arwiranews.com)Gempa bumi tektonik berkekuatan M 5,0 mengguncang wilayah Selatan Jawa, dini hari tadi pukul 02.33 WIB, Senin (22/6/2020). Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter awal magnitudo M 5,0 dan parameter update magnitudo M 5,1. Dalam keterangan resmi Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc menyebutkan bahwa episenter gempabumi ini terletak pada koordinat 8,98 LS dan 110,85 BT. Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 91 kilometer arah Selatan Kota Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 93 kilometer.

 

Begini Analisis BMKG Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hipesenternya, gempa yang terjadi ini merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas subduksi. “Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan turun atau normal fault,” kata dia. Kendati gempa ini berlokasi di laut, dari hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami. Namun, dampak guncangan gempa ini dirasakan di sejumlah wilayah Indonesia. Seperti di daerah Klaten, Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Wonogiri, Tulungagung, Karangkates, dan Pacitan, getaran gempa dirasakan dengan skala intensitas II MMI. Getaran ini dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seakan-akan truk berlalu.

 

Sementara itu, di daerah Nganjuk, Trenggalek, Purworejo, Ponorogo, Banjarnegara, Purwokerto, Klaten dan Sukoharjo merasakan getaran gempa ini dengan skala intensitas II MMI. Di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung juga bergoyang. Namun, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil monitoring BMKG hingga pukul 02.53 WIB, Senin (22/6/2020), belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

 

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah,” ujar dia. 

 

Gempa juga sangat terasa di Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten. seorang warga di Kecamatan Wedi Darmin (40)mengatakan gempa sangat kencang dirasakan. “Barusan gempa, langsung saya bangunin keluarga dan nabuh kentongan”, ungkapnya. Darmin juga mengaku panik karena di hari Ahad kemarin Gunung Merapi baru saja erupsi.

 

Sumber : https://www.kompas.com/sains/read

/2020/06/22/080000623/gempa-hari-ini–

m-5-1-guncang-selatan-jawa-terasa-

hingga-yogyakarta-dan?page=all

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan