banner 468x60

Eko Wiratno[Pendiri EWRC] : Pandemi Covid Belum Usai, Resesi di Depan Mata.

 Nasional
banner 468x60
Eko Wiratno[Pendiri EWRC] : Pandemi Covid Belum Usai, Resesi di Depan Mata.

Yogyakarta(arwiranews.com) Pendiri Eko Wiratno Research and Consulting(EWRC) Eko Wiratno, S.Sos, M.M, M.E menilai, resesi ekonomi tidak bisa dihindari kala Pandemi Covid-19 belum usai. Dirinyapun memprediksi ekonomi RI pada kuartal III-2020 akan kembali minus kala angka penambahan kasus covid-19 belum juga menurun.

 

“Kuartal tiga sudah 2 minggu lagi ini kuartal II-2020 ada tendensi bahwa ada perbaikan tapi masih minus,” kata Eko Wiratno kepada arwiranews.com, 18 Septemberb 2020.

 

Menurutnya, pelemahan ekonomi kedepan juga bakal berdampak buruk terhadap kinerja bank kecil. Bagaimana tidak, ia menilai resesi ekonomi bakal menggeser dana masyarakat dari bank Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) I dan II ke bank BUKU III dan IV. Oleh karena itu, dirinya menghimbau Pemerintah untuk memitigasi hal tersebut.

 

“Ditengah pandemi ini yang menarik masyarakat bergeser, yang menyimpan dana di BUKU I BUKU II banyak yang memindahkan dananya ke BUKU III dan IV. Ini menarik dimana posisi pemerintah atau otoritas untuk menyelamatkan,” ucapnya.

 

Sebagai informasi saja, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelumnya juga mencatat pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 7,95 persen pada kuartal dua 2020. Pertumbuhan tersebut didorong dari penghimpunan dana kelompok  BUKU  IV.

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan