banner 468x60

Ribuan PTS Terancam Sulit Menggaji Dosen Semester Depan

 Kampus
banner 468x60
Ribuan PTS Terancam Sulit Menggaji Dosen Semester Depan
Jakarta(arwiranews.com)  Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) mencatat, jumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia mencapai 4.520 kampus. Sebanyak 70 persen di antaranya berpotensi mengalami kesulitan pembiayaan serius di semester depan, karena terdampak pandemi virus korona (covid-19).
 
Ketua Aptisi, Budi Djatmiko mengatakan, dalam menghadapi masa pandemi, sejumlah PTS sudah mulai mengalami kesulitan finansial. Kesulitan itu tak lepas dari kemampuan mahasiswa membayar uang kuliah yang menjadi pendapatan PTS.
 
Para mahasiswa merasa kesulitan karena ekonomi orang tua mereka juga terdampak pandemi korona atau coronavirus disease (covid-19). Kondisi ini diperkirakan akan bertambah parah di semester depan, jika pandemi tak kunjung berakhir dalam dua hingga tiga bulan ke depan.

“Jika semester depan berlanjut dapat dipastikan 2/3 PTS Indonesia akan terkena imbas besar tidak bisa membayar dosen dan karyawanya,” kata Ketua Aptisi, Budi Djatmiko, Selasa 28 April 2020.
 
Budi menyebut, kendala pada akhirnya tak cuma pada pembayaran dosen dan karyawan. Namun juga tidak bisa membayar listrik, telepon dan kebutuhan kampus lainnya.
 
Jumlah 2/3 PTS se-Indonesia itu mencapai 2.700. Melorotnya kemampuan pembiayaan PTS ini semakin terasa pada PTS kecil atau yang memiliki mahasiswa tak lebih dari 1.000 orang.
 
“Dampak korona pada PTS yang memiliki mahasiswa di bawah 1000 orang ini akan sangat signifikan rata-rata mahasiswanya hanya mampu membayar 50 persen dari total uang yang masuk,” ujar Budi.

 
Sementara, jumlah PTS yang memiliki mahasiswa tak lebih dari 1.000 orang itu nyatanya sangat besar. Totalnya ada 80 persen atau sekitar 3.164 PTS.
 
Untuk itu, pihaknya meminta ada perhatian khusus pada PTS kecil pada masa sulit ini. Budi menyebut sudah seharusnya pemerintah memberikan bantuan pendidikan khusus kepada PTS.
 
“Mestinya Menteri Nadiem (Mendikbud) meminta pada Presiden untuk memberikan banyak beasiswa pada Perguruan Tinggi Swasta, karena SD, SMP dan SMA sudah ada BOS dan sudah ditanggung
oleh pemerintah daerah dan pusat,” pungkasnya.

(Sumber : Medcom.id)
banner 468x60

Author: 

Related Posts

2 Responses

  1. Good boy18/06/2020 at 18:31Reply

    Yah masuk akal sih, kan kita juga ga dapet apa” dari kuliah online

    • Author

      admin18/06/2020 at 21:24Reply

      terimakasih. ttd Admin.

Tinggalkan Balasan