banner 468x60

Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis Itu Beda Lho! Intip Penjelasannya!

 Kampus
banner 468x60
Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis Itu Beda Lho! Intip Penjelasannya!

 

Jakarta(arwiranews.com) Istilah Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis mungkin sudah tidak asing lagi buat  Quipperian yang kuliah di Fakultas Bisnis. Namun, nyatanya, masih banyak juga nih  orang yang bingung dengan kedua istilah itu. Bahkan, ada lho yang bilang kalau Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis itu sama saja. 

Nah, Quipperian jangan sampai gagal paham, ya! Apalagi, buat kamu yang ingin masuk ke pendidikan tinggi di bidang bisnis. Sebab, Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis ternyata berbeda. Kalau begitu, biar kamu nggak terus-terusan bingung, pahami dulu penjelasan berikut yuk!

Pengertian Administrasi Bisnis

Administrasi Bisnis bisa dibilang sebagai jurusan yang mempelajari mengenai segala proses yang berhubungan dengan cara menjalankan bisnis dengan sukses. Secara istilah, administrasi artinya suatu proses atau aktivitas menjalankan sebuah bisnis.

Saat Quipperian mengambil kuliah di Jurusan Administrasi Bisnis, maka kalian bisa mempelajari ilmu-ilmu dasar bisnis. Ilmu-ilmu yang dimaksud seperti pemasaran, hukum bisnis dan etika, manajemen, ekonomi, akuntansi, dan sebagainya.

Selain itu, Quipperian juga akan mempelajari ilmu perencanaan bisnis, penelitian bisnis dan teorinya, serta kewirausahaan. Umumnya, mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis bisa mengambil bidang keilmuan yang lebih spesifik seperti Manajemen dan Strategi Marketing, atau Kewirausahaan.

Pengertian Manajemen Bisnis

Sementara itu, Manajemen Bisnis merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang manajemen, kepemimpinan, manajemen sumber daya manusia, dan operasional personel bisnis. 

Mahasiswa yang mengambil Jurusan Manajemen Bisnis akan lebih fokus mempelajari sisi analisis, perencanaan, dan operasi bisnis. Jadi, kalau Quipperian kuliah di Jurusan Manajemen Bisnis, maka akan mempelajari dasar-dasar pemasaran, ekonomi, keuangan, hukum dan etika. Tak cuma itu, Quipperian juga bisa belajar ilmu yang lebih spesifik seperti Perencanaan Bisnis atau Manajemen Sumber Daya Manusia. 

Perbedaan  Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis

Secara umum perbedaan kedua jurusan tersebut bisa dilihat dari ruang lingkup ilmu yang dipelajari, tanggung jawab di dunia kerja, karier masa depan, dan mata kuliah yang dipelajari. Untuk lebih jelas mengenai perbedaan administrasi bisnis dan manajemen bisnis, Quipperian perlu simak ulasan di bawah ini.

1. Perbedaan ruang lingkup ilmu yang dipelajari

Pada dasarnya, perbedaan utama antara Jurusan Administrasi Bisnis dengan Manajemen Bisnis bisa dilihat dari ruang lingkup ilmu yang dipelajari. Singkatnya, Administrasi Bisnis merupakan spesialis (khusus), sedangkan Manajemen Bisnis merupakan generalisasi (umum). 

2. Perbedaan tanggung jawab dalam dunia kerja

Di dunia kerja, perbedaan antara lulusan Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis juga sangat terlihat signifikan lho, Quipperian. 

Lulusan Administrasi Bisnis akan memiliki tugas di satu bidang yang spesifik saja. Seperti bertanggung jawab atas administrasi akuntansi, administrasi IT, atau administrasi bangunan kantor. 

Sementara itu, lulusan Manajemen Bisnis memiliki tanggung jawab di level yang lebih tinggi. Seperti bertanggung jawab atas pengembangan bisnis, kerja sama dengan perusahaan lain, dan lain-lain.

3. Perbedaan karier di masa depan 

Saat sudah bekerja, biasanya orang yang mempelajari dan berpengalaman di bidang Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis akan memiliki jalur karier yang berbeda. 

Misalnya, untuk lulusan Administrasi Bisnis akan lebih banyak yang terjun pada bidang profesi seperti analis finansial, admin benefit, analysis budget, atau manajer marketing.

Sedangkan, lulusan-lulusan dari Manajemen Bisnis memiliki karier yang lebih fokus pada analis manajemen, manajer sales, office manager, atau purchasing manager.

4. Perbedaan mata kuliah yang dipelajari

Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis memiliki perbedaan di sisi materi yang dipelajari selama berkuliah. 

Jurusan Administrasi Bisnis mempelajari mata kuliah yang sangat spesifik seperti Dasar-dasar Pemasaran Bisnis, Organisasi & Manajemen Bisnis, Perpajakan, Komunikasi Bisnis, Matematika Bisnis, Perencanaan dan Pengembangan Bisnis, serta Manajemen Keuangan Bisnis.

Adapun untuk Jurusan Manajemen Bisnis, mata kuliah yang dipelajari meliputi: Komunikasi Bisnis, Pengantar Akuntansi, Manajemen Perbankan, Manajemen Produk dan Merek, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, serta Manajemen Operasional.

Jadi gimana nih, sekarang Quipperian sudah nggak bingung lagi, kan? Kalian mau pilih Jurusan Administrasi Bisnis atau Manajemen Bisnis? 

Sumber : https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/p-perbedaan-jurusan-administrasi-bisnis-dan-manajemen-bisnis/

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan