banner 468x60

Fakultas Ekonomi: Pilih Manajemen atau Ekonomi Pembangunan?

 Ekonomi
banner 468x60
Fakultas Ekonomi: Pilih Manajemen atau Ekonomi Pembangunan?

Dalam rumpun sosial dan humaniora, tentu Fakultas Ekonomi sudah tidak asing lagi di telinga kalian yang akan melanjutkan kuliah. Kali ini, kita akan membahas dua jurusan di Fakultas Ekonomi yang memiliki peminat cukup banyak, yaitu Manajemen dan Ekonomi Pembangunan. Karena sama-sama berada di bidang ekonomi, sekilas kedua jurusan ini tampak tidak terlalu beda jauh. Hmm, kalau begitu apa saja sih perbedaan kedua jurusan ini? Dari mata kuliah hingga prospek kerja, yuk simak!

Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan jurusan yang paling populer di Fakultas Ekonomi. Jurusan ini menyiapkan lulusan yang akan berkembang menjadi manajer atau wirausahawan yang berintegritas dan berintelektual dengan memiliki kemampuan komunikasi, analisis, pengambilan keputusan, penyelesaian masalah, kerjasama, serta berorganisasi dengan berlandaskan nilai-nilai moral etika dan profesional untuk melayani masyarakat. Baik dalam lingkup nasional maupun internasional.

Manajemen pun memiliki berbagai cabang yang dapat menjadi nilai jual jika dipelajari lebih dalam seperti Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Manajemen Operasi dan Sistem Informasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Umum, Manajemen Teknologi Informasi, dan Manajemen Keuangan.

Beberapa mata kuliah yang akan didapatkan jika kalian mengambil studi jurusan Manajemen adalah: Pengantar Bisnis, Akuntansi Keuangan, Matematika Bisnis, Organisasi Tata Niaga, Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, Pengantar Manajemen, Statistika Bisnis, Teknologi Informasi, Akuntansi Biaya, Kewirausahaan, Manajemen Keuangan, Pemasaran, Riset Operasi, Komunikasi Bisnis, Manajemen Pemasaran, Akuntansi Manajemen, hingga Perpajakan.

Untuk prospek pekerjaannya, kalian bisa bekerja sebagai Manajemen Trainee, Personalia, Marketing, Konsultan Manajemen, Dosen, atau Enterpreneur.

Ekonomi Pembangunan

Di jurusan Ekonomi Pembangunan, kalian akan mempelajari dunia ekonomi yang lebih luas seperti pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis. Karena menjadi mahasiswa jurusan ini kalian akan dilatih untuk memahami masalah-masalah ekonomi dan isu-isu ekonomi agar mampu membahasnya secara kritis, inovatif, dan kreatif. Karena kalian akan dipersiapkan untuk menjadi perencana bidang pembangunan ekonomi.

Adapun beberapa mata kuliah akan didapatkan adalah Pengantar Bisnis, Matematika Ekonomi & Keuangan, Ekonomi Pembangunan, Ekonometrika, Sistem Keuangan, Perekonomian Industri, Manajemen Perbankan, Valuasi Korporat, Etika Ekonomi, Manajemen Risiko & Analisis Kredit Perbangkan, Pengantar Akuntansi, Teori Ekonomi Makro, Teori Ekonomi Mikro, Sejarah Pemikiran Ekonomi, Kebanksentralan, serta beberapa mata kuliah cabang ekonomi.

Jika berkuliah di jurusan ini kalian akan disiapkan untuk menjadi sarjana yang memiliki kemampuan merumuskan persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis di berbagai pemerintahan dan lembaga negara. Prospek pekerjaannya pun melingkupi di pemerintahan dan swasta, baik industri, bisnis, perbankan, keuangan, dsb. Kalian bisa menjadi pengajar, bagian riset & pengembangan, penganalisis bisnis, atau konsultan.

Sudah ada bayangan mengenai jurusan Manajemen dan Ekonomi Pembangunan? Kalau kalian berminat memilih salah satunya untuk kuliah dan masih bingung menentukan, kalian bisa berdiskusi dengan orang tua, guru, atau kakak kelas yang berpengalaman di kedua jurusan ini.

 

Salam dari Kami Eko Wiratno, M.M, M.E (Alumni Pasca Sarjana Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adhi Unggul Bhirawa Surakarta dan Magister Ekonomi Studi Pembangunan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta)

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan